Kolaka Terkini

Sembilan Puskesmas Sudah Terakreditasi di Kolaka

Kolaka Online – Dari total 14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kolaka, saat ini sudah sembilan Puskesmas mendapatkan akreditasi dari kementerian kesehatan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri melalui Staf bagian  Humas Dinkes Kolaka Endang Robaya mengatakan dari 14 Puskesmas yang ada di Kolaka yang belum di akreditasi ada Lima yaitu Puskesmas Pomalaa, Kukutio, Latambaga, Toari,  dan Iwoimendaa.

 “Alhamdulilah untuk Kolaka dari 14 puskesmas sudah terakreditasi  dan  ada saat ini masih ada lima yang belum, jika  tidak ada aral melintang pada 2019 nanti semua puskesmas di Kolaka sudah terakreditasi,” ujar Endang.
 Agar bisa diakreditasi, Puskesmas harus memenuhi persyatan yang sudah ditentukan Kemenkes. beberapa aspek yang bisa menjadikan puskesmas tersebut mendapat akreditasi.
“Salah satunya dari persyatan itu adalah admistrasi, kebersihan Puskesmas, pelayanan, dan masih banyak lainnya. Kalau semua persyaratan sudah terpenuhi, baru bisa diakreditasi,” terang Endang.
 Endang menambahkan, akan ada pembelajaran dulu sebelum diakreditasi, karena pengangkatan akreditasi ini diberikan waktu tiga tahun untuk menyiapkannya.
“Persiapannya sudah dari sekarang. Pihak Dinkes juga membantu menyiapkannya,” tambahnya.
Apabila sudah ditentukan kapan penilaiannya, maka lulus atau tidaknya akan ditentukan oleh Kemenkes. “Jika persyaratan tidak terpenuhi, sudah pasti gagal akreditasinya,’ katanya (A1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button