Desaku

Ini Janji PT. AMM Kepada Warga Hakatutobu

Kolakaonline-Setelah melakukan pemblokiran aktifitas pengangkutan material tambang (ore) milik PT. Asia Mineral Mining (PT.AMM) di depan pelabuhan PT. Putra Mekongga Sejahtera (PT. PMS), kelompok masyarakat mendapatkan titik terang akan tuntutanya. Syamsuddin manager Operasional PT. AMM akhirnya menemui masyarakat untuk melakukan negosiasi agar aktifitas pertambangan AMM dibiarkan berjalan seperti biasanya.

Dalam pertemuan di salah satu gedung di Desa Hakatutobu pria yang akrab dipanggil Syam, mengatakan untuk permasalahan yang utarakan oleh masyarakat sebenarnya sudah ada jalan penyelesaian dari awal. Karena itu ia merasa heran karena masih ada masalah lagi yang datang menganai, Terminal Bongkar Muat (TBM), Corporate Social Responsibility (CSR) , dan penerimaan pekerja lokal dari desa Hakatutobu.

“Semua sudah jelas, masalah TBM yang ada saat ini sudah bekerja dan penunjukan sudah sesuai dengan prosedur. Kemudian mengenai CSR yang hingga saat ini belum ada itu betul, namun kedepanya PT. AMM akan melakukan koordinasi dengan pemerintah desa Hakatutobu untuk melakukan penelusuran lokasi yang mungkin bisa dibangun sebagai CSR PT.AMM. Seperti pembangunan drainase atau yang lainya. Masalah yang terahir adalah mengenai perekrutan tenaga kerja yang katanya tidak berpihak kepada masyarakat Hakatutobu, itu sepertinya keliru pasalnya ada sekitar 40 masyarakat Hakatutobu yang bekerja di PT. AMM saat ini,” kata Syam.

Lanjut ia mengatakan dengan pertemuan yang telah dilakukan pada (9/11) PT. AMM menyepakati untuk jika nantinya TBM yang dijadikan mitra oleh PT. AMM harus bersedia memberikan dana tunai kepada wadah yang akan dibentuk di desa hakatutobu. Setelah dana berada di wadah di desa tersebut, maka pengelola akan membagikan kemasyarakat hakatutobu. Kemudian mengenai tenaga kerja lokal desa Hakatutobu PT. AMM juga akan membuat kebijakan agar pekerja yang berasal dari Hakatutobu bisa bergantian satu sama lain.

“Yang terahir adalah masalah CSR, patinya kita akan melihat kebutuhan desa. Mana yang bisa dibangun oleh AMM, kami pastikan AMM akan mengelontorkan CSR untuk desa Hakatutobu,” ujar Syam.(A1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button