Kolaka Terkini

Hanya Lima Kecamatan Dapat Bantuan Bibit Lele

Kolakaonline-Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui dinas Perikanan mengaku telah rampung membagikan 40 unit kolam budidaya ikan lele skala rumahtangga ke kelompok yang ada di lima  Kecamatan, padahal di Kolaka ini ada 12 kecamatan.Alasan dinas perikanan karena di lima kecamatan tersebut merupakan wilayah yang tidak memproduksi jenis ikan air tawar.

Kepala Dinas Perikana H.Syafruddin melalui kepala bidang Budidaya Umar Sakka mengatakan hingga saat ini pantauan kepada kelompok masyarakat yang menerima batuan biofok (kolam ikan skala rumah tangga) berjalan sesuai dengan target. Bakan ada beberapa kelompok penerima bantuan sudah melaporkan peningkatan perkembangan bibit ikan yang dibudidayakan.

“Kecamatan yang mendapat bantuan tersebut adalah di Wundulako, Tanggetada, Watubangga, Polinggona, dan Toari. Alasan hanya lima kecamatan karena di kecamatan tersebut merupakan wilayah yang tidak memproduksi jenis ikan air tawar.Kami mebagikan bantuan sesuai dengan kelompok masyarakat. Jumlah bantuan yang dibagikan dari empat kecamatan tersebut ada 40 kolam, dengan total anggaran Rp.520 juta,” kata Umar.

Lanjut ia mengatakan selain memberikan bantuan kolam buatan, dinas perikanan juga memberikan bantuan bibit ikan lele dan pakan. Tujuannya adalah agar pengelolaan kolam ikan ini bisa maksimal.

“Intinya dalam pembagian bantuan ini adalah agar masyarakat di empat kecamatan tersebut bisa mandiri gizi yang di hasilkan dari ikan air tawar. Kita juga sedang menunggu Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara  untuk meninjaut langsung budidaya ikan biflok yang berada di empat kecamatan,” tambah Umar.(A1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button