Kolaka Terkini

Ini Cara Jitu Bupati Kolaka Stabilkan Harga Saat Porprov Berlangsung

Kolakaonline – Pada umumnya jika ada kegiatan besar di beberapa daerah, hal yang paling sering terjadi adalah kelangkaan stok sembilan bahan pokok (sembako), namun untuk di Kolaka, Bupati Kolaka H.Ahmad Safei berhasil menstabilkan harga sembako saat pagelaran Porprov XIII Sultra di Kolaka yang dimulai dari 5 Desember hingga 14 Desember 2018.

Kepada Kolakaonline.com Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mengatakan sebelum pelaksanaan Porprov berlangsung memang yang menjadi perhatian adalah harga pangan. Pasalnya jika banyak permintaan maka barang akan berkurang, jika harga berkurang maka harga pasti akan ada kenaikan.

“Alhamdulilah semua tim yang khusus untuk pelakukan penanganan mengenai sembako bisa bekerja dengan baik. Sebelum Porprov kita sudah panggil Dinas Perindag Kolaka agar membuat surat kepada distributor untuk melakukan pembelanjaan barang yang banyak dan memberikan himbauan untuk tidak menaikan harga barang diwilayah Kolaka saat pelaksaan porprov yang berlangsung hanya sekitar 10 hari,” ujar Safei.

Safei juga telah memberikan peringatan kepada SKPD terkait untuk selalu melakukan pemantauan harga barang di pasar di Kolaka. Hasilnya adalah harga barang di Kolaka selalu stabil.

“Kita telah berhasil menekan harga sembako, dan saya juga akui jika harga telur ayam pernah mengalami kenaikan Rp.1000 hingga Rp.3000 per kilogramnya. Namun itu berlangsung hanya beberapa hari dan saat ini sudah stabil kembali. Kenapa harga sembako tidak naik saat aporprov itu karena stok kebutuhan sembako sudah siap dan melimpah,” tutur Safei.

Semantara itu Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Kamal Arif mengatakan untuk stok sembako di kolaka mulai dari awal hingga akhir porprov alhamdulilah aman. Memang ada kenaikan di harga telur ayam ras yang awalnya Rp.22.000 perkilogram menjadi Rp.25.000 perkilogram.

“Itu karena bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Itu prediksi kami kenapa telur ayam ras mengalami kenaikan dalam beberapa hari lalu,” ujar Kamal.

Lanjut ia mengakatan untuk harga saat ini masih stabil untuk Beras Medium Rp.9000/kg, Beras Premium Rp.10.000/kg, Gula Pasir Rp.12.500/kg, minyak kemasan Rp.15.500 /liter, daging Sapi Rp.120.000 /kg, daging Ayam Rp.30.000/kg, bawang merah Rp.35.000/kg, bawang putih Rp.25.000/kg.

“Kami selalu melakukan pengawasan harga pangan di pasar yang ada di kolaka dan Pomalaa, alhamduliah semua sesuai dengan harapan yaitu tidak ada kenaikan yang signifikan,” kata Kamal Arif. (Dadang)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button