Kolaka Terkini

26 Desember PWI Kolaka Gelar Pra UKW

Kolakaonline – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kolaka berencana akan menyelenggarakan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 26 Desember 2018 mendatang. Kegiatan Pra UKW ini akan diselenggarakan di aula SMS Berjaya Kolaka.Ketua Panitia Pra UKW Zulfadli Nur kepada kolakaonline.com mengatakan, kegiatan Pra UKW ini diselenggarakan sebagai pembekalan bagi wartawan yang ada di Kolaka untuk mengikuti UKW pada 2019 mendatang. Karena pada Pra UKW, materi yang diberikan tak berbeda dengan materi UKW.

“Jumlah peserta kita tidak batasi. Dan bagi peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Sedangkan tim materi Pra UKW adalah Ketua PWI Sultra Sarjono,” ujar Zulfadli.

Lanjut Zulfadli kegiatan uji komptensi sangat perlu dilakukan bagi wartawan, mengingat banyak munculnya pihak-pihak yang tidak berkompeten justru mengaku sebagai wartawan yang menghasikan berita yang bisa membingungkan masyarakat.

“Sekarang ini ada saja pihak yang tidak kompeten menulis berita. Sehingga memunculkan pemberitaan yang sifatnya bias di masyarakat. hal seperti itulah yang coba dihindari dengan menggelar kegiatan Pra UKW ini,” katanya.

Karena itu, Zulfadli menambahkan , kompetensi wartawan menjadi sesuatu yang penting dan harus terus ditingkatkan. Bagaimanapun juga, wartawan berperan dalam menjaga tanggungjawab sosial dan sebagai kontrol masyarakat melalui penyampaian informasi.

Wartawan: Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button