Kolaka Terkini

Bupati Serahkan 400 Sertifikat di HKSN, Ini Impian Pemkab Untuk HKSN

Kolakaonline – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 di Kabupaten Kolaka telah berakhir. Kamis (10/1/2019) Bupati Kolaka menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada masyarakat di wilayah HKSN kelurahan Mangolo kecamatan Latambaga.

Bupati Kolaka H. Ahmad Safei mengatakan, program PTSL merupakan program yang sangat positif dan merupakan program besar pemerintah mempercepat pembuatan sertifikat. Memang program sudah biasa, namun prosesnya lebih cepat, dan masyarakat yang punya tanah ini merupakan kesempatan baik.

“Dengan adanya sertipikat ini masyarakat HKSN sudah memiliki landasan Hukum. Pemerintah juga berharap HKSN bisa menjadi kawasan percontohan terutama mengenai kebersihan. Warga HKSN harus sadar diri agar bisa membersihkan rumah, halaman dan kampungnya,” kata Safei.

Lanjut ia mengatakan saat ini di Kolaka  ada 165 ribu tanah yang terdata di BPN, namun hanya sekitar 60 ribuan tanah yang memiliki legalitas atau sertifikat. Hingga saat ini belum ada setengahnya belum bersertifikat jadi pada 2019 masyarakat silahkan mendaftar kembali.

“Himbauan kalau ada lahan masyarakat jangan sembunyi tanahnya karena takut bayar PBB. PBB adalah wajib di bayar, kalau bayar pajak itulah bentuk patrisipasi warga kepada negara ini,” tambah Safei.

Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Nasional Kolaka Darmin mengatakan untuk HKSN akan dibagikan serifikat sebanyak 390 sertifikat perumahan dan Perkebunan dan 1 sertifikat hibah masjid.

“Kami BPN Kolaka berterimakasih kepada pemerintah kabupaten Kolaka yang mendukung penuh program PTSL. Terimakasih juga kepada masyarakat yang ikut membantu mensukseskan PTSL ini,” katanya.

Ditempat yang sama Bahtiar sebagai perwakilan Masyarakat HKSN Mangolo mengucapkan terimakasih secara pribadi pada Bapak H.Ahmad Safei karena dengan perjuangan bapak masyarakat HKSN bisa menerima sertifikat.

“Apa yang di citacitakan puluhan tahun masyarakat HKSN dan baru hari bisa memegang legalitas tanah ini,” tuturnya

Wartawan : Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button