Kolaka Terkini

Mahasiswa Tuntut Kadis Dikbud Kolaka di Pecat

Kolakaonline – Aliansi Mahasiswa Pemuda Pendidikan (AMPP) Kolaka, Kamis (24/1/ 2019) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dengan tuntutan agar Kepala Dinas Dikbud menghentikan pungutan liar dengan mengatasnamakan Komite Sekolah atau menghentikan regulasi permendikbud No. 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Kordinator Lapangan AMPP Kolaka Hendriawan dalah aksinya mengatakan aksi yang dilakukan oleh AMPP adalah melakukan kritik terhadap pemerintah daerah kabupaten Kolaka khususnya terhadap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Salamansyah) terkait pelaksanaan Regulasi Permendikbud No. 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, dimana dalam pelaksanaannya terdapat oknum-oknum ketua komite sekolah yang ada di Kolaka terindikasi melakukan pungli berbentuk komite.

“Kami menginginkan agar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dicopot dari jabatanya, karena tidak mampu memberantas praktik pungli di Kabupaten Kolaka. Saya juga berharap agar oknum yang melakukan praktik pungli yang berkedok komite disetiap sekolah  agar di tangkap dan diadili oleh pihak berwajib. AMPP Kolaka juga meminta semua Kepala Sekolah agar biaya komite yang telah dikumpulkan siswa dikembalikan sejak tahun ajaran 2016-2017 sehingga 2018-2019 di setiap sekolah yang memberlakukan praktik pungli berkedok komite,” tuturnya.

Semantara itu kepala dinas Dikbud Kolaka Salamansyah mengatakan Dikbud Kolaka sudah memberikan penekanan kepada seluruh kepala sekolah agar tetap menjalankan regulasi Regulasi Permendikbud No. 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah sesuai dengan aturan yang benar.

“Dikbud siap menerima data dan masukan atau laporan lain apabila ada pungutan lain yang mengatas namakan komite. Kami juga siap memberikan pembinaan atau sangksi kepada kepala sekolah yang melakukan praktek pungli,” ujar Amansyah.

Wartawan : Dadang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button