Advertisement




Kolalaonline – Puskesmas Pomalaa, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka berhasil meraih predikat akreditasi Paripurna. Predikat ini merupakan predikat tertinggi dan pertama yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal itu diutarakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Harun Masirri kepada kolakaonline.com.

“Sekarang sudah keluar hasil akreditasi. Puskesmas Pomalaa merupakan Puskesmas pertama yang mendapatkan akreditas Paripurna se Sulawesi Tenggara dari 41 Puskesmas yang ikut dalam akreditas pada 2018 lalu,” katanya.

Lanjut Harun walaupun saat ini kolaka yang pertama mendapat akreditasi Paripurna, ia tetap menghimbau agar puskesmas tersebut tetap meningkatkan pelayan kepada masyarakat.

“Kita akan tetap mempertahankan predikat ini. Bahkan dengan predikat ini akan menjadi motivasi bagi Puskesmas lain yang ada di kabupaten Kolaka,” ujar Harun.

Untuk target kedepan untuk semua
Puskesmas di Kolaka bisa sama dengan Puskesmas Pomalaa.

“Kami juga selalu memberikan pemahaman kepada semua kepala Puskesmas di Kolaka agar tidak mengabaikan pelayanan prima pada pasien atau masyarakat, sehingga pada waktunya nanti semua Puskesmas di Kolaka dapat menyamai pencapaian akreditasi Paripurna seperti Puskesmas Pomalaa,” tambahnya.

Satu hal yang penting adalah dengan predikat Paripurna yang di peroleh Puskesmas Pomalaa, akan menjadi perhatian untuk kaji banding atau studi banding bagi Puskesmas lain di Sultra bahkan dari luar Sultra.

“Ini merupakan peluang untuk mendapatkan tambahan PAD Puskesmas Pomalaa, sehingga kami akan mengusulkan kepada Bupati Kolaka (H.Ahmad Safei) untuk dibuatkan regulasinya dalam bentuk Peraturan Bupati,” tambahnya.

Wartawan :Dadang Firmanto

Advertisement



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here