Advertisement


Kolakaonline – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Kolaka yang digelar Rabu (28/3/2019) di Aula Sasana Praja mengalami kenaikan usulan.

“Musrembang Kabupaten Kolaka pada 2020 mulai tingkat musrenbang Kelurahan, Kecamatan, Forum OPD dan lainnya dengan anggaran mencapai Rp 5 Triliun,” ujar Sekretaris Bappeda Kolaka Hj. Siti Raudah saat membacakan laporan Musrembang.

Dari semua usulan dalam Musrenbang kali ini, kata Raodah, tentu tidak semua bisa di akomodir. Sebab kemampuan yang di miliki kabupaten Kolaka terbatas dan di prediksi hanya mampu mewujudkan sekitar 1,3 Triliun saja, sehingga perlu dilihat prioritasnya.

“Penyelenggaraan musrenbang RKPD Tahun 2020 ini, merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan musyawarah rencana pembangunan di Kolaka untuk tahun 2020, yang dimulai sejak bulan Januari yang lalu,” ujar Raodah.

Kegiatan Musrenbang diawali dari tingkat Kelurahan dan kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang Kecamatan, Forum Perangkat Daerah / Gabungan Perangkat Daerah, dan Forum Konsultasi Publik.

“Musrenbang ini dilakukan dalam rangka penyusunan dokumen rencana kerja tahunan Pemerintah kabupaten Kolaka atau RKPD Tahun 2020 yang di dalamnya memuat rancangan kerangka ekonomi Daerah, prioritas pembangunan Daerah,” tambahnya.

Semantara itu Kepala Bappeda Provinsi sultra yang di Wakiki oleh Kepala bidang Infrastruktur Bapedda Sultra I Gede Panca MPd mengatakan banyaknya kebutuhan yang harus di penuhi oleh Kolaka harus bisa melihat skala preoritas. Pemerintah kabupaten juga harus bisa beronovasi mencari dana dari luar.

“Pastinya kabupaten kolaka harus bekrjakeras untuk membangun wilayahnya. Dalam agenda Musrembang di Kolaka saya sangat mengapresiasi mantan Bupati Kolaka Ir. H. Andi Pangerang Umar yang hadir dalam pembahasa pembangunan kabupaten Kolaka,” tuturnya.

Wartawan : Dadang Firmanto
.

Advertisement


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here