Advertisement


Kolakaonline – Pemerintah kabupaten Kolaka melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) pastikan stok kebutuhan pokok atau Sembako jelang Ramadhan aman. Sampai saat ini juga terpantau tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

“Saya sampaikan bahawa stok bahan pangan pokok utama seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging dan telur ayam stok untuk Ramadan 1440 hijriah atau 2019 masehi di Kolaka relatif cukup,” kataAsisten Pembangunan dan Perekonomian Pemkab Kolaka H. Kasim Madaria¬†saat memimpin Operasi pasar di Pasar Raya Mekongga, Selasa (30/4/2019).

Namun khusus bawang putih saat ini mengalami kelangkaan di Kolaka, diatributor sudah mengakui untuk mendapatkan bawang putih saat ini sulit.

“Pantauan kami bawang putih masih langka untuk stok beras, telur dan daging masih aman. Bawang merah saat ini Rp.50 ribu per kilogram, sebelumnya hanya Rp.35 ribu.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga jelang Ramadan pihaknya secara intens melakukan koordinasi dengan sejumlah stakeholder.

“Insya allah dengan koordinasi yang intens bersama Bulog dan stakeholder lain sejauh ini stok dan harga lebih terkendali,” ucapnya.

Sementara itu sekretaris dinas Peridag Kolaka Suriyati mengatakan kenaikan sebagian kebutuhan pokok di Kolaka hingga saat ini belum signifikan, pantauan masih tetap di lakukan oleh perindag Kolaka.

“Kalau untuk 2018 lalu, bahan kebutuhan yang biasa naik adalah telur, namuan alhamdulilah hingga saat ini telur masih stabil di angka 40.000 per raknya. Himbuan kami kepada para pedagang untuk tidak menaikan bahan kebutuhan pokok secara pihak, kami juga menghimbau kepada distributor untuk tidak menimbun kebutuhan pokok, agar semua kebutuhan masyarakat di kolaka tetap setabil,” tuturnya.

Wartawan : Dadang Firmanto

Advertisement


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here