Kolakaonline – Tim hisab dan Rukyat kementrian agama provinsi Sultra memantau hilal untuk menetapkan jadwal puasa 2019, yang bertepatan dengan 29 sya’ban 1440 H di pesisir pantai Wolulu, kecamatan watubangga, Kabupaten kolaka pada Minggu (05/05/2019)

Kepada kolakaonline.com Abd.Rauf,S.Sos Kasi pembinaan syariah dan sistem informasi Kemanag Sultra mengatakan metode yang di gunakan yakni metode hisab dan rukyat Ketinggian hilal dari hasil hisabnya ada kisaran 5 derajat.

“Khusus wilayah sultra sudah di kisaran 5 derajat jadi kita buktikan di lapangan sebagai alat kita apakah benar sudah di atas 5 derajat pada saat terbenamnya matahari,” katanya.

Lanjut Abd. Rauf beberapa ormas islam sudah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada hari senin besok, namun sekali lagi kita tetap menunggu sidang Isbat yang akan di lakukan oleh Kementrian Agama RI dari data 102 titik pantauan hilal di seluruh indonesia yang akan di laporkan pada saat sidang isbat pada pukul 17.00 WIB di jakarta.

“Pemantauan hilal juga di hadiri oleh Kepala Kemenag Prov.Sultra, Kepala BMKG, Asisten I kabupaten kolaka, Kepala Kemenag kab.kolaka, Camat watubangga, Kepala Kantor urusan Agama kec.Watubangga dan seluruh masyarakat,” tambahnya.

Wartawan: Sulyamin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here