Ekonomi

Dua Kelurahan di Kolaka Kecipratan Rp.25 Miliar Program Kotaku

Kolakaonline – Dua kelurahan yang ada di Kabupaten Kolaka diprediksi tahun ini menikmati Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total anggaran sebesar Rp25 miliar.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kolaka H.Abbas mengatakan, tujuan umum program tersebut adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur, dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan, untuk mendukung perwujudan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Kelurahan yang tersentuh program tersebut diantaranya, Kelurahan Kolakaasi dan Sea kedua kelurahan yang menerima program tersebut, adalah wilayah yang dikategorikan sebagai kawasan kumuh.

“Kegiatan mencakup perbaikan dan pembangunan jalan lingkungan, perbaikan drainase, penyediaan fasilitas persampahan, air bersih, ruang terbuka hijau,” ujar Abbas kepada kolakaonline.com, Senin (24/6/2019)

Lanjut Abas program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

”Insya allah Kolakaasi dan Sea dengan turunnya program ini akan berubah sangat besar oleh karena kita dalam berjuang melakukan segala daya upaya kita sehingga Kolaka bisa tembus dengan anggaran Rp.25 miliar dan telah disetujui,” tutur Abbas.

Wartawan: Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button