Kolaka Terkini

Bupati Kolaka Buka Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Kabupaten

Kolakaonline- Bupati Kolaka H.Ahmad Safei membuka dengan resmi kegiatan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten Kolaka di, Senin (29/7/2019). Kegiatan itu diikuti Tim Penggerak PKK dari 10 kecamatan dan DPW SKPD di Kolaka serta ibu Persit Kodim 1412 Kolaka serta Ibu Bhayangkari Polres Kolaka.

Dalam sambutannya Safei berharap kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dan TP PKK Kabupaten Kolaka tetap dipertahankan dan ditingkatkan ke depannya.

“Para peserta diharapkan tidak saja terbatas pada kegiatan lomba saja, tetapi lebih pada kegiatan yang mengarah untuk menyejahterakan masyarakat dengan mengimplemantasikan pada kehidupan sehari -hari,” harapnya.

Lanjut Safei, Kabupaten Kolaka memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah, termasuk di dalamnya keanekaragaman bahan pangan.

“Pada kenyataannya keanekaragaman bahan pangan tersebut belum benar-benar mampu kita manfaatkan. Keluarga di kolaka harusnya bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan untuk pemenuhan kebutuhan misalkan cabai, tomat dan dab sayuran harusnya jangabeli namun menanamnya sendiri,” kata Safei.

Dia mengatakan, setidaknya banyak makanan bahan lokal yang kandungan karbohidratnya hampir sama dengan nasi di daerah ini.

Semantara itu ketua panitia kegiatan Fertival Pangan lokal B2SA Hj. Herti Ahmad Safei mengatakan kegiatan ini sangat penting sehigga semua pereta harus bisa melakukan hal terbaik dalam penyediaan pangan lokal yang bergizi berimbang dan aman.

“Tujuan kegiatan di selenggarankan adalah untuk mendorong penerapan konsumsi pangan yang beragam bergizi seumbang dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal. Mendorong kreatifitas dan inofasi dalam mengembangkan pangan lokal yang bernilai tinggi di dalam rumah tangga. Selanjutnya adalah sebagai ajang seleksi untuk mewakili kolaka dalam ajang yang lebih tinggi tingkat provinsi sultra dalam rangkaiam pangan sedunia di Kendari ke 39 pada Oktober. mendatang,” katanya

Lanjut Herti dalam lomba ini peserta jangan semata- mata karena ingin menang dan mendapatkan hadiah namun hal yang penting adalah soliditas dan kekompakan ibu ketua TP.PKK dan darma wanita dalam mewujudkan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Peserta agar menndak lanjuti pada masyarakat. Terimakasih kepada seluruh peserta yang ikut untuk berpartisipasi dalam featival ini,” tuturnya.

Wartawan: Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button