Advertisement




Kolakaonline, Pomalaa, TIM Kesehatan Hewan (keswan) dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka melakukan penyisisiran hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 1440 hijriyah, setiap hewan kurban yang akan di sebelah di beperiksa kesehatannya dan juga memeriksa usia hewan kurban.

Dari beberapa hari dilakukan pengecekan hewan tim kesehatan menemukan hewan di bawah umur.

Dokter Hewan Kasmawati mengatakan laporan sementara masih ditemukan hewan kurban belum cukup umur yang akan di kurbankan pada Minggu (11/8/2019).

“Kalau pemantauan petugas sementara ini aman-aman saja (penyakit berbahaya) kecuali di bawah umur tuh masih ada,” kata Kasmawati saat dihubungi kolakaonline Jumat (10/8/2019).

Ia menuturkan, akan meningkatkan kepada para dan pembeli mengenai kriteria hewan kurban. Sehingga, sambung dia, tahun depan tidak ditemukan lagi hewan kurban yang belum cukup umur.

“Kita selalu memberi informasi kepada pedagang bahwa hewan kurban harus Gigi udah ganti, walaupun baru sepasang boleh. Domba usianya setahun, sapi dua tahun. Itu terlihat pada giginya,” katanya.

Kondisi hewan kurban tidak cukup umur ditemukan di kecamatan Pomalaa. Dan khusus di wilayah Pomalaa ia mengaku memeriksa 120 ekor hewan kurban.

“Hasilnya untuk hewan kurban di kecamatan pomalaa sehat hanya memang kita temukan satu ekor hewan sapi belum cukup umur,” tambah Kasmawati.

Wartawan: Dadang

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here