Advertisement

Kolakaonline- Toari, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka melaksanakan kontes Ternak Hasil Inseminasi Buatan (IB) bertempat di Desa Lakito Kecamatan Toari pada kamis (29/08/19)

Kegiatan yang di buka langsung oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak RI Bapak Ir. Sugiono, MP. Dalam sambutannya Sugiono mengatakan potensi Kolaka sangat luar biasa, di daerah lain sekarang sangat sulit mendapatkan rumput, bahkan didaerah lain ada yang jual ayam dan kambing untuk beli rumput Katanya yang disambut tepuk tangan peserta kontes.

“harapan saya mari kita jadikan Kolaka sebagai lumbung peternakan, kami juga dari kementerian akan menambah kebutuhan bibit suntik untuk kabupaten Kolaka” katanya.

Sebelum menutup sambutannya Sugiono juga sangat berterima kasih kepada petugas peternakan yang bekerja dengan sangat baik, dan kepada petani ternak yang telah memelihara ternaknya dengan baik.

Sementara Bupati Kolaka H.Ahmad Safei dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi kegiatan ini karena Kolaka punya potensi lahan yang luas, untuk sekarang Kolaka punya lahan pengembalaan seluas 100 hektar. Pemerintah Kolaka juga sudah menyediakan dana khusus penyedia bibit.

“kita juga meminta kepada bapak direktur kiranya nanti Kolaka bisa di tambah pengadaan bibit suntik untuk para peternak yang ada di Kolaka ini” Tambahnya.

Sementara Menurut Ketua Panitia Kontes Ansyar, SPt. M.Si saat dijumpai kolakaonline.com mengatakan ini baru pertama kali kita lakukan, tujuan kita lakukan kegiatan ini untuk memotivasi para peternak menghasilkan ternak yang berkualitas sekaligus untuk memberikan apresiasi kepada peternak dan ajang silaturahmi serta menambah Wawasan.

“Adapun Peserta yang hadir dalam kontes adalah dari dua kecamatan yaitu Toari dan Watubangga. Ada tiga kategori yang kita perlombakan yaitu Kategori umur 0-6 bulan, 6 – 12 bulan dan 12 bulan keatas, jenis penilaiannya yaitu tinggi badan, lingkar dada, panjang badan serta performa secara keseluruhan. jumlah ternak yang mengikuti kontes tersebut sekitar 60 ekor” tutupnya.

Sementara peternak sapi Subur mengatakan peternak sangat berterima kasih atas adanya kontes ini, karena artinya kami juga dapat perhatian dari pemerintah.

Kegiatan yang juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah terhadap pemenang lomba tersebut, dan penghargaan kepada petugas terbaik yaitu bapak La Agus.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dandim 1412 Kolaka Letkol Kav. Amran Wahid, Anggota DPRD Kolaka Ibu Anang, VP HC & CSR PT. ANTAM UBPN SULTRA Kamsi, S.T.,Kapolsek Watubangga Iptu. Alamsyah Nugraha, S.T.K, Danramil Watubangga Kapten Infantri. Dalwin,Camat Toari Tahir Nuhung SE, M.Si, Camat Watubangga Sarijo, dan beberapa unsur kepala desa yang ada dalam lingkup pemerintahan dua kecamatan tersebut.

Wartawan: Herman Rudin

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here