Advertisement

Kolakaonline,  Dari 14 pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kolaka, masih ada lima yang belum ikut Akreditasi. Tahun ini Dinas Kesehatan (Diskes) Kolaka kembali menyiapkan lima puskesmas untuk mengikuti penilaian akreditasi.

Lima puskesmas yang diusulkan tahun ini adalah Puskesmas Toari, Kukutio, Polinggona, Latambaga dan Iwoimendaa.

“Kemarin (12/9/2019) Bupati Kolaka sudah melakukan pengecekan langsung di salah satu puskesmas yang ikut Akreditasi pada 2019 ini. Bupati Kolaka dengan beberapa Pimpinan SKPD melihat langsung kesiapan Puskesmas Latambaga,” ujar Kepala dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri melalui Staf Subbag Program, Informasi dan Humas Dinkes Kolaka Nasruddin, Jumat (13/9/2019)

Lanjut ia mengatakan meskipun sudah terakreditasi, puskesmas tersebut juga tetap dalam monitoring dan evaluasi yang dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun sejak terakreditasi dasar, untuk nantinya dapat ditingkatkan atau malah turun ketika ada persyaratan yang tidak terpenuhi.

“Jadi yang sudah terakreditasi juga tetap dalam pendampingan dan pembinaan,” jelasnya.

Sementara yang diusulkan tahun ini, Nasruddin sudah dalam tahap pendampingan tim dari Diskes. Seluruh puskesmas yang diusulkan juga telah melengkapi dokumen sebagai syarat akreditasi. Selanjutnya supervisi dari tim kabupaten yang nantinya akan didukung tim dari Diskes Provinsi dan Pusat.

“Sekarang dalam pendampingan tim supervisi dari kabupaten yang terus mensuport tim akreditasi puskesmas yang bersiap mengikuti penilaian akreditasi pada tahun ini,” ucapnya.

Wartawan : Dadang

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here