Advertisement

Kolakaonline- Pemerintah Kabupaten Kolaka melakukan rapat penetapan dan penegasan batas Desa dalam wilayah Kabupaten Kolaka. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Kolaka Mustajab.

Kegiatan Penetapan Tapal batas semua desa di Kolaka juga di hadiri oleh Kepala Bagian Pemerintahan Arifin Jamal Kepala Kantor Pertanahan Kolaka Darmin dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang di wakili oleh Kepala bidang Pemerintahan Desa Ilham serta Semua Kepala Desa, Camat se Kabupaten Kolaka.

Dalam sambutannya Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Kolaka Mustajab mengatakan hingga saat ini memang tapal batas masih belum tertata. Banyak desa yang masih belum mengetahui mana batas desa di Utara, Timur, Salatan dan Baratnya. Kerena ini pemerintah menginisiasi melakukan penetapan tapal batas desa.

“Kegiatan penentuan tapal batas juga dimaksudkan agar administrasi wilayah itu lengkap,” katanya saat membuka kegiatan di Aula Sasana Praja Kolaka.

Semantara itu Kepala bidang Pemerintahan Setda Kolaka Arifin Jamal sebagai moderator mengatakan diharapkan semua peserta rapat tidak meninggalkan tempat kegiatan. Pasalnya pada Selasa (8/10/2019) ini semua batas desa harus sudah Clear.

“Nanti kalau ada pemaparan peta, Kepala Desa harus bisa memahami batas desanya. Kalau tidak cocok maka bisa langsung di protes. Nanti kita akan buat catatan dan melakukan pengecekan di lapangan,” katanya.

Ditempat yang sama Kepala Badan Pertanahan Kolaka Darmin mengatakan kegiatan penetapan tapal batas desa tidak boleh berjalan sendiri. Pertanahan harus diikutkan dalam kegiatan ini.

“Ini langkah yang baik. Karena memang masalah tanah itu sangat rawan. Untuk saat ini memang luasan wilayah desa masih belum tertata. Kita Badan Pertanahan Kolaka sangat mendukung kegiatan ini,” ujar Darmin.

Wartawan: Dadang

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here