Advertisement

Kolakaonline – Gemercik alirah air keluar dari bebatuan di cadas sungai Tamborasi. Sungai Tamborasi yang berada di desa Tamborasi kecamatam Wolo kabupaten Kolaka merupaka sungai terpendek di dunia.

Untuk menuju ke sungai tersebut warga Kolaka biasanya menggunkan roda empat dan roda dua dari pusat kota Kolaka jaraknya hanya dalam waktu 1-2 jam dengan jarak tempuh sekitar 90 km. Di sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam.

“Meski waktu tempuh lumayan lama, tapi dijamin tak akan bosan selama di perjalanan karena mata kita dimanjakan oleh indahnya panorama alam,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata,  Hj. Mardiana Wahab.

Keunikan lain dari Sungai Tamborasi Kolaka adalah memiliki suhu yang berbeda di bagian hulu dan hilir. Di bagian hulu suhu airnya cenderung lebih dingin, sedangkan di bagian hilir lebih hangat karena pertemuan dengan air laut.

“Memiliki panjang hanya 10 meter dan lebar 15 meter, membuat Sungai Tamborasi ini terlihat seperti danau di tepi pantai. Namun karena aliran airnya yang mengarah ke bibir pantai membuatnya disebut sungai,” ujar Mardiana.

Sungai Tamborasi Kolaka memiliki air yang jernih dan letaknya berjejeran langsung dengan hutan dan pantai. Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Sungai Tamborasi Kolaka adalah berenang atau sekadar bermain air sambil berfoto.

“Dinas Pariwisata Kolaka telah menyiapkan beberapa sarana untuk pengunjung, yaitu tempat istirahat, lokasi swa Foto, kamar ganti, bahkan tempat menginap juga telah ada di Tamborasi. Kalau kolaka tidak menginjakkan kaki di Tamborasi maka tidak lengkap mengunjungi Kolaka,” tuturnya.

Sungai Tamborasi juga menjadi pilihan untuk para kaum milenial bahkan ada sebuah mitos yang beredar, konon bagi wisatawan yang datang ke Sungai Tamborasi dan berhasil mengikatkan tali pada akar pohon di sekitaran sungai, maka jodoh akan segera menghampiri dirinya.

“Jika yang melakukan hal ini adalah wisatawan yang sudah menikah atau berkeluarga, maka konon hubungan rumah tangganya makin harmonis,” tuturnya.

Wartawan: Dadang.

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here