Ekonomi

Ibu Bupati Kolaka Panen Tanaman Hidroponik di Dinas Ketahanan Pangan

Kolakaonline – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka melaksanakan Panen Perdana Tanaman dengan Sistem hidroponik beberapa waktu lalu bertempat di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka H.Muh. Azikin kepada media kolakaonline.com mengatakan bahwa pengembangan tanaman pdengan sistem hidroponik merupakan bentuk penganekaragaman konsumsi pangan.

“Kegiatan ini merupakan suatu gerakan awal untuk penanaman sistem hidroponik. Sistem ini mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk anorganik, karena semuanya menggunakan pupuk organik,” katanya, Kamis (17/10/2019)

Lanjut Azikin pada 2019 ini dinas ketahanan pangan mempunyai program Obor Pangan Lestari (OPAL) yang dikelola oleh dinas ketahanan pangan melalui anggaran dekonsentrasi APBN TA. 2019. Hasil OPAL memuaskan insyaallah panen akan dilakukan setiap 20 hari masa tumbuh tanaman.

“Untuk panen perdana dihadiri oleh ibu bupati Kolaka Hj. Herty Safei, ibu wakil bupati Hj.Ende Jayadin dan didampingi oleh asisten,” katanya.

Lanjut ia mengatakan harapan kedepan melalui Dinas Ketahanan Pangan insyaAllah kita akan buat model kawasan pangan organik didalamnya sudah komplit aneka pangan, industri pangan lokal maupun wisatanya.

“Semoga saja kedepan dukungan anggaran baik melalui pusat, Provinsi dan daerah akan menjadi perhatian mengingat komoditi pangan adalah urusan wajib yang harus tersedia disetiap waktu,” tambahnya.

Lanjut Azikin, untuk tahap awal saat ini baru empat jenis yaitu sawi samhong, sawi pakchoi, sawi pagoda dan Selada, sedangkan tahap berikutnya sudah menambah jenis lain seperti seledri, kangkung cabut, bayam, cabe keriting, selada merah dan lainnya.

“Harapan kami program ini bukan sekedar kegiatan biasa tetapi lebih kepada promosi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pangan organik sangat berguna dan bermanfaat kepada masyarakat dari sisi ekonomi,” tuturnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Balitbang Kolaka lebih jauh menjelaskan yang menjadi perhatian dinas Ketahanan Pangan bahwa program ini bisa menjadikan promosi terhadap pangan yang sehat dan dapat meningkatkan skor Pola Pangan Harapan (PPH) kabupaten Kolaka.

“Ini merupakan sasaran ketiga Misi Kedua dalam RPJMD Kabupaten Kolaka yang merupakan VISI Bupati Kolaka 2019-2024, yang berbunyi tercapainya ketahanan pangan dan diversifikasi konsumsi pangan daerah serta meningkatkan kinerja ekonomi melalui ekonomi kerakyatan dan sasaran akhirnya adalah meningkatkan skor pola pangan harapan (PPH) daerah,” pungkasnya.

Wartawan : Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button