Advertisement

Kolakaonline- Namanya Ir. Hasbir Jaya Razak, MH. pria energik ini, pernah menjabat menjadi Kadispora Kolaka dan sukses melakukan back up kegiatan Porprov 2018 lalu, kemudian saat ini mendapat amanah baru untuk memimpin di Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kolaka Hasbir, kemudian kembali membawa SKPD yang dipimpinnya bisa menerima penghargaan di kancah Nasional.

Kepada Kolakaonline.com Hasbir Jaya Razak mengatakan prestasi yang dia raih bukan hasil karyanya sendiri namun penghargaan ini berkat bimbingan Bapak Bupati Kolaka H.Ahmad Safei.

“Sebenarnya pada semester pertama (l) ada 5 satker kabupaten terbaik nasional 201. Kolaka saat itu urutan ke tiga tingkat nasional. Kemudian pada semester kedua (ll) Kolaka bisa unggul terbaik pertama se Indonesia dalam kategori pencapaian serapan keuangan semester dua,”katanya .

Lanjut Hasbir, penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di jawa tengah tepatnya di Surakarta.

“Alhamdulilah saya yang langsung menerima penghargaan tersebut yang di serahkan oleh Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian Republik Indonesia yang diwakili Sekretaris DIrjen Perkebunan Dr. Ir. Antarjo Dikin, M.Sc,” tambahnya.

Masih kata Hasbir, Kolaka saat ini mendapat peringkat pertama terbaik, harapan Disbunak Kolaka pada tahun 2020 nanti besaran dana APBN untuk Kolaka bertambah.

“Jika anggaran APBN bertambah maka yang akan menikmati adalah masyarakat Kolaka khusus petani di sektor perkebunan yang muaranya pada program kegiatan yang berkelanjutan,” katanya.

Melalui rapat koordinasi monev semester ll Disbunak Kolaka juga berusaha melakukan komunikasi dengan pihak kementerian Pertanian untuk meyakinkan bahwa Bumi Mekongga kabupaten Kolaka dapat dijadikan pilot projek untuk kegiatan penanganan pasca panen komoditi kakao.

“Kita berusaha meyakinkan jika Kolaka bisa mengolah mulai dari biji hingga tepung dan pasta kakao serta pengolahan menjadi makanan coklat siap saji dengan kemasan yang lebih menarik. Sehingga kedepan dapat dipasarkan sendiri oleh petani/kelompok tani dengan produk home industri yang bisa di pasarkan di Mall dan mini mart yang ada di Kolaka dan kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Wartawan : Dadang

Advertisement



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here