Kolaka Terkini

Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi, Kajari Kolaka Jadi Inspektur Upacara

Kolakaonline- Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) tahun 2019 dilaksanakan dengan uparaca di halaman kantor Bupati Kolaka, pada Senin (9/12/2019). Dalam upacara tersebut Kepala Kejaksan Negeri Kolaka Taliwondo bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam sambutan Taliwondo membacakan Amanat Jaksa Agung RI Burhanuddin mengatakan semua elemen harus bersama melakukan introspeksi dan evaluasi, guna mendorong perbaikan kualltas kerja dalam upaya mewujudkan pemberantasan korupsi yang dapat memenuhi ekspektasi terciptanya “Indonesia Maju” yang bersih dan bebas dari korupsi.

“Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2019 kali ini mengambil tema “Bersama Melawan Korupsi, Mewujudkan Indonesia Maju”. Terna yang relevan untuk semakin meneguhkan kembali komitmen dan tanggung jawab bersama untuk saling bahu membahu dalam proses penegakan hukum pencegahan dan pemberantasan korupsi guna memajukan Indonesia,” tuturnya.

Berangkat dari pemahaman bahwa korupsi merupakan musuh bersama, maka sudah barang tentu agenda pemberantasan korupsi harus merepresentasikan upaya yang melibatkan partisipasi semua komponen bangsa. Terlebih aparatur Kejaksaan sebagai garda terdepan yang memiliki peran penting dan vital dalam penegakan hukum, maka sudah sepatutnya mendorong dan menggerakkan setiap warga masyarakat dan komponen lainnya untuk menjadi bagian dari gerakan moral dalam memerangi korupsi di level mana pun.

“Dengan demikian diperlukan upaya indentifikasi, analisa, sekaligus pemetaan yang komprehensif terhadap akar masalah dan faktor-faktor penyebab terjadinya korupsi, guna diformulasikan langkah langkah perbaikan. Di samping diperlukannya juga upaya untuk memonitor setiap kebijakan guna melihat tingkat kerawanan akan potensi terjadinya praktik korupsi. Sehingga kedepannya, potensi tindak pidana korupsi dapat diantisipasi dan dicegah,” tuturnya.

Wartawan : Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button