Info

Polemik Pembangun Smelter di Kolaka Antara Harapan atau Mimpi

Kolakaonline- Perlu disadari bahwa dalam pengelolaan sumber daya alam disektor pertambanagn harus sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, sehingga dapat mewujudkan sinergisitas antara pemerintah, investor, dan masyarakat, agar tercapai iklim usaha pertambangan yang kondusif.

Karena itu masyarakat kolaka harus mendukung para pelaku usaha pertambangan dan atau investor yang berkehendak untuk turut serta menuntaskan angka pengangguran di kabupaten kolaka dengan cara mendirikan smelter atau pabrik fero nikel di kabupaten kolaka.

“Terkait PT. Vale Indonesia, Tbk yang tak kunjung membangun pabrik atau smelter dikabupaten kolaka bukan berarti tidak memiliki etikat baik, tapi kemungkinan masih menunggu waktu terkait pengkajian yang lebih dalam, sebab untuk membangun pabrik atau smelter bukanlah perkara mudah, jadi PT. Vale Indonesia, Tbk bukan tidak mau atau tidak jadi tapi mungkin masih dalam tahap proses pengkajian ditingkat level atas perusahaan,” ujar Achmad Jumades, SH mantan mandataris Dewan Pimpinan Wilayah Himpunan Konsultan Hukum Pertambangan Indonesia Sulawesi Tenggara (DPW HKHPI SULTRA)

Menurut Jumades di era Globalisasi dan reformasi saat ini, beberapa perubahan tuntutan sudah menjadi kewajiban kita dalam melaksanakan aktifitas pembangunan. Tuntutan tersebut wajib diperhatikan dalam melaksanakan aktifitas dan atau kegiatan di dunia pertambangan dalam upaya untuk menciptakan Good Mining praktice.

“Harapan kita semua dengan pemanfaatan sumber daya alam disektor pertambangan tentunya dapat membawa manfaat bagi pembangunan yang berkelanjutan terhadap suatu daerah, serta dapat menghasilkan nilai tambah dan meningkatkan kemampuan atau kesejahteraan masyarakat dan bukan membawa malapetaka atau bencana besar bagi daerah kita akibat dari pengelolaan sumber daya alam tersebut,” katanya.

Pengembangan Program corporate social resposibility (CSR) salah satu cara pertanggungjawaban sosial bagi perusahaan untuk dapat mewujudkan hak-hak masyarakat disekitar areal pertambangan.

“Harapan kita semua, PT.Vale Indonesia, Tbk bisa membangun pabrik di Kolaka dan bisa memberikan dampak besar untuk masyarakat Kolaka dan Kabupaten Kolaka,” katanya.(Redaksi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button