Kolaka Terkini

300 Pelajar di Pomalaa Dapat Beasiswa dari PT.Antam UBPN Sultra

Pomalaa, Kolakaonline- Ratusan anak sekolah di wilayah konsesi PT. ANTAM Tbk UBPN Sultra mendapat bantuan beasiswa. Launching beasiswa tersebut dilaksanakan di Kecamatan Pomalaa tepatnya di di Gedung Sport Center ANTAM Pomalaa pada Kamis, (19/12/2019).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Bupati Kolaka H.Ahmad Safei, General Manager PT. ANTAM Tbk UBPN Sultra diwakili oleh Vice President (VP) Finance/Plh. Vice President (VP) HC & CSR Hamdan, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kab. Kolaka Salamansyah, kepala Balitbang Kolaka Akhmad Yani, Camat Pomalaa Mirdan Athar, Comdev Asisten Manager PT. ANTAM Tbk UBPN Sultra H.Umar.

Pada kegiatan tersebut Bupati Kolaka menyerahkan secara simbolis satu set kelengkapan seragam sekolah dan amplop kepada siswa siswi di wilayah Pomalaa.

Dalam sambutanya Bupati kolaka H.Ahmad Safei mengatakan bantuan ini dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga betul betul tujuan program csr beasiswa pelajar ini tepat sasaran dan dapat meningkatkan mutu kesejatraan pendidikan.

“Saya mengapresiasi luar biasa legiatan ini. Saya juga berharap dapat di manfatkan sesuai dengan keperluannya,” katanya.

Semantara itu Sambutan Plh. Vice President HC and CSR dan juga sebagai Vice President Finance PT ANTAM Tbk UBPN Sultra, Hamdan mengatakan pemberian beasiswa adalah bentuk kontribusi tanggungjawab sosial PT. ANTAM Tbk dalam bidang pendidikan. Kemudian untuk memberikan apresiasi kepada siswaa atau siswi berprestasi.

“Kita juga berharap beasiswa ini bisa sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Dengan hasil akhir adalah meminimalisir angka putus sekolah di kabupaten kolaka khususnya di kecamatan pomalaa,” tuturnya.

Lanjut Hamdan Sasaran program ini adalah 300 siswa atau siswi (120 siswa SD, 120 siswa SMP dan 60 siswa SMA) dari seluruh sekolah di Kecamatan Pomalaa (19 SD, 8 SMP dan 5 SMA). dengan rincian 6 sampai 7 siswa per sekolah untuk SD, 15 siswa per sekolah untuk SMP dan 12 siswa per sekolah untuk SMA.

“Tim Assesment dari IZI selaku pelaksana program kemudian melakukan wawancara untuk memastikan bahwa para calon penerima beasiswa benar-benar telah memenuhi ketentuan sekaligus meminta komitmen para calon penerima beasiswa untuk mengikuti seluruh rangkaian aktivitas program beasiswa,” tuturnya.

Rekrutment calon penerima manfaat dilakukan dengan cara meminta rekomendasi langsung di pihak sekolah terkait dengan ketentuancalon penerima beasiswa merupakan siswa yang belum atau tidak sedang menerima beasiswa atau bantuan pendidian lain baik dari pemerintah maupun swasta.

“Calon penerima beasiswa dibagi menjadi 3 kategori yaitu kategori penerima beasiswa dengan kondisi ekonomi mampu dan berprestasi,” katanya.

Tujuan untuk semata-mata memberikan apresiasi kepada para siswa atas prestasi yang sudah dicapai dengan kuota 25% dari jumlah kuota keseluruhan. Kemudian kategori penerima beasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu dan berprestasi.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan bantuan sekaligus apresiasi terhadap prestasi yang sudah dicapai. diharapkan melalui beasiswa, para siswa dapat terus termotivasi untuk mempertahankan dan meningktkan prestasinya dengan kuota 40% dari jumlah kuota keseluruhan. Kemudian kategori penerima manfaat dengan kondisi ekonomi kurang mampu tidak berprestasi yang berpotensi putus sekolah. Hal ini bertujuan untuk memberikan bantuan sekaligus motivasi bagi yang bersangkutan untuk tetap bisa melanjutkan pendidikannya, sebagai upaya untuk meminimalisir angka putus sekolah dengan kuota 35% dari jumlah keseluruhan,” tambahnya.

Mengingat dengan pertimbangan kondisi dan kebutuhan sekolah yang masing-masing berbeda, jumlah kuota masing-masing kategori dikembalikan ke kebijakan pihak masing-masing sekolah.

“Seleksi calon penerima beasiswa dilaksanakan oleh pihak masing-masing sekolah sesuai dengan ketentuan yang sudah diberikan,” tambahnya.

Wartawan: Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button