Polisi di Kolaka Ciptakan Alat “Pemusnah” Sampah Portable

  • Whatsapp

Kolakaonline- Saat ini yang menjadi masalah utama di masyarakat adalah sampah. Semua rumah tangga, tempat wisata mempunyai sampah baik itu organik maupun non organik. Banyaknya sampah membuat polisi polres Kolaka membuat inovasi mengenai pemusnah sampah.

Namanya Aipda Sudarman HP, S.Kom bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Tamborasi Polsek Wolo Bripka Sugianto Hutkri berhasil menciptakan alat pemusnah sampah portabel.

“Inovasi yakni membuat dan mempraktekkan Alat Pembakaran Sampah Portable “B26/18″ di Wisata Alam Tamborasi pada hari Kamis (2/1/2020) pukul 09.00 Wita,” ujar Sugianto.

Lanjut Sugianto alat pembakaran sampah portable B26/18 berhasil dibuat dan dipraktekkan dengan membakar baik sampah organik maupun non organik dan sampah basah maupun kering.

“Dengan ukuran tabung penampungan tinggi 75 Cm dan diameter 40 Cm dapat membakar sampah sebanyak 1 M³ dalam waktu ± 30 menit dengan sisa pembakaran tidak mencapai 1%,” tambahnya.

B26/18 dapat dibuat dari bahan sederhana seperti tabung bekas ukuran 12 Kg dan seng bekas yang dibantu dgn blower dengan membutuhkan tenaga listrik 12 Volt.

“Saya berharap B26/18 dapat dijadikan solusi untuk mengatasi persoalan sampah, dimana sampah bukan lagi isu nasional melainkan isu internasional. Dengan adanya perayaan pergantian tahun, maka pengunjung di Wisata Alam Tamborasi mengalami peningkatan mencapai ribuan orang. Hal tersebut berbanding lurus dengan meningkatnya volume sampah di Wisata Alam Tamborasi dan sekitarnya,” tambah Sugianto.

Wartawan : Dadang





















































Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *