14 Puskesmas di Kolaka Sudah Terakreditasi, Kadis Kesehatan : Kita Harus Kerja Sesuai SOP

  • Whatsapp

Kolakaonline -14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Kolaka seluruhnya dipastikan terakreditasi.

“Tahun 2018 baru sekitar 70 persen yang terakreditasi dan rampung pada 2019. Semua Puskesmas di Bumi Mekongga ini terakreditasi,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri saat diwawancarai kolakaonline.com

Lanjutnya Harun akreditasi di sini tak hanya pada tingkat dasar. Melainkan, ada beberapa puskesmas yang capaiannya hingga pada tingkat Madya. Artinya, ini menjadi tolak ukur keberhasilan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Kolaka.

“Ada sembilan puskesmas yang sudah mencapai ke tingkat madya. Bahkan tiga puskesmas mendapat predikat Utama kemudian satu puskesmas mendapat predikat Paripurna, ini memang sesuai apa yang menjadi target dan komitmen pemerintah Kabupaten Kolaka,” katanya.

Lebih lanjut Harun, untuk target ke depannya yakni Dinkes Kolaka akan mengupayakan Puskesmas mendapat akreditasi Dasar akan di tingkatkan menjadi lebih baik.

“Tapi, semua memang butuh proses. Apalagi dalam setiap tahapan itu terlebih dahulu ada penilaian kinerja dan evaluasi di Puskesmas yang dilakukan setiap tiga tahun sekali,” jelasnya.

Harun menegaskan bahwa sekalipun saat ini capaian akreditasi Puskesmas masih di tingkat dasar. Itu bukan berarti pelayanan yang ada pada Puskesmas buruk ataupun kurang. Melainkan, ini lantaran belum sempurnanya data pendukung administrasinya.

“Akreditasi tingkat dasar tapi sebenarnya pelayanan tetap optimal. Itu dapat dilihat dari peningkatan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan untuk masalah konsultasi dan lainnya,” tuturnya.

Disinggung mengenai apakah ada suatu perbedaan signifikan antara Puskesmas akreditasi dan tidaknya? Harun menjelaskan bahwa itu hanya ada pada tingkat pelayanan kesehatan yang ada masih belum standar. Sebab, dalam pelayanan seharusnya ada SOP (Standar Operasional Prosedur).

“Dalam capaian akreditasi itu juga diperlukan adanya suatu sumber daya manusia (SDM), fasilitas dan lainnya sebagai pendukungnya,” sambungnya.

Di sisi lain, Harun menegaskan terhadap seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kolaka. Di mana mereka pun diminta untuk dapat meningkatkan kinerja dan memaksimalkan akan perannya. Tujuannya, agar dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dapat jauh lebih baik lagi setiap harinya.

“Ya, peningkatan pelayanan kesehatan itu sangat penting dan menjadi target utama kami. Mudah-mudahan upaya yang dilakukan saat ini dan ke depannya dapat membuahkan hasil yang baik,” jelasnya.

Nama Puskesmas dan Hasil Akreditasinya
1.Wundulako (Madya)
2. Watubangga (Dasar)
3.Tanggetada (Madya)
4. Wolo (Madya)
5.Kolakaasi (Madya)
6. Toshiba (Madya)
7.Kolaka (Madya)
8. Baula (Madya)
9. Pomalaa (Paripurna)
10.Latambaga (Madya)
11.Polinggona (Madya)
12. Kukutio (Utama)
13.Toari (Utama)
14. Iwoimendaa (Utama)

Wartawan : Dadang





















































Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *