Advertisement




Kolakaonline- Bupati Kolaka H.Ahmad Safei membuka dengan resmi kegiatan Rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi sensus penduduk tahun 2020 yang di selenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Kolaka. Kegiatan tersebut di laksanakan di Aula Sasana Praja pada Senin (27/1/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei mengatakan untuk melaksanakan tanggung jawab sensus negara memerlukan dasar dalam menentukan kebijakan untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, karena itu sensus dilaksanakan.

“Para camat yang hadir dalam kegiatan ini wajib mengikuti sampai akhir. Karena pendataan sensus adalah program nasional jadi kita wajib mendukung kegiatan sensus penduduk ini,” kata Safei.

Lanjut Safei, data dan informasi statistik dasar inilah yang dibutuhkan oleh pemerintah sebagai dasar kebijakan yang relevan dengan kondisi sosial ekonomi penduduknya. Sesuai dengan amanat Undang-undang, BPS akan melaksanakan sensus penduduk di seluruh wilayah Indonesia secara serentak termasuk di Kolaka.

“Sensus penduduk pada tahun 2020 ini merupakan sensus ke -7 secara nasional,  berbeda dengan sensus sebelumnya.  Pada tahun 2020 ini, BPS menerapkan metode kombinasi, yaitu sensus yang menggunakan data Dukcapil sebagai basis data dasar penduduk dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Safei juga menambahkan, BPS merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, memiliki tanggung jawab melaksanakan amanat Undang-undang yaitu menyediakan data dan informasi statistik dasar.

“Semoga dengan adanya kegiatan rapat koordinasi kabupaten mengenai sensus penduduk tahun 2020 ini dapat berjalan dengan lancar, serta sukses sesuai dengan harapan,” jelasnya

Untuk diketahui, metode pengumpulan data yang dilakukan oleh BPS menggunakan dua cara, yaitu sensus penduduk online yang akan dilaksanakan pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang, dan juga sensus penduduk wawancara yang dilaksanakan pada 1 hingga 31 Juli 2020 mendatang.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekda Kolaka, H. Poitu Murtopo, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Muh. Bakri, perwakilan Dinas Dukcapil dan Kepala BPS Kolaka, Ade Ida Mane.

Wartawan:Dadang

Advertisement



















LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here