Kolaka Terkini

Anggota Polsek Wolo Tanam Mangrove di Lingkungan Labuhan Bajo

Wolo, Kolakaonline.com- Ekosistem pantai sangat penting bagi masyarakat pesisir khususnya di Lingkungan Labuan Bajo Kelurahan Wolo, sehingga Polsek Wolo melalui polisi milenial Bripka Sugianto Hutkri mengajak masyarakat di Linkungan Labuan Bajo untuk bersama menanam mangrove. Kegiatan penanaman Mangrove dilaksakana pada Minggu (02/02/2020).

Menurut Sugianto mengatakan penanaman manrive dilakukan sejalan dengan program Polda Sultra untuk menanam pohon di lingkungan kantor, namun halaman kantor Polsek Wolo telah ditanami berbagai tanaman sehingga Polsek Wolo memilih untuk menanam mangrove di pesisir Linkungan Labuan Bajo.

“Ada program Polda Sultra untuk penanaman pohon di lingkungan kantor, tetapi kami memilih menanam mangrove karena tidak ada lagi ruang di halaman kantor untuk ditanami. Ide ini muncul dari anggota kami Bripka Sugianto Hutkri” Kata Kapolsek Wolo Ipda Beny Kuncoro, S.Tr. K.

Lanjut Beny, penanaman pohon mangrove terus kami lakukan setiap minggu dengan harapan dapat mengurangi dampak dari cuaca ekstrem di laut dan dapat membangun kesadaran masyarakat sekitar.

“Semoga kita semua bisa menjaga tanaman mangrove yang telah di tanam,” katanya.
Semantara itu Bripka Sugianto Hutkri mengatakan bahwa ide itu muncul krn dirinya sering berkunjung ke Linkungan Labuan Bajo, melihat tanggul yg dibangun oleh pemerintah mulai rusak akibat terjangan ombak dan tidak adanya pelindung perahu nelayan ketika cuaca ekstrem.

“Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua dan apabila mangrove yang ditanami tumbuh dan berkembang dengan baik, maka ke depan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai wisata mangrove dan tempat budidaya kepiting sehingga meningkat ekonomi masyarakat,” katanya.

Mangrove yangditanam jenis Rhizophora Apiculata sebanyak 50 (lima puluh) dengan jarak 3M.

“Karena ini langkah awal, maka kami menanam mangrove lokal (Rhizophora Apiculata) baru sebanyak 50 pohon, karena bibitnya mudah didapat. Dan kami akan lanjutkan penanaman setiap hari minggu sampai terpenuhi pesisir pantai di Link. Labuan Bajo” Lanjut pria dengan 4 bengkok di pundaknya tersebut.

Selain masyarakat, banyak pihak yg telah menyatakan diri untuk berpartisipasi seperti komunitas pemuda dan KPA.

“Lingkungan Labuan Bajo Kelurahan Wolo masuk dalam konsesi tambang nikel dan mayoritas penduduknya suku Bajo, kita juga mengharapkan perusahaan tambang bisa membantu masyarajat untuk memperbaiki Alam di sekitar wilayah kondisinya,” tutur Bripka Sugianto Hutkri

Wartawan :Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button