Ekonomi

Petugas Puskesmas Tanggetada Ciptakan Kloset Standar Kemenkes

Tanggetada, Kolakaonline- Berbisnis di sela-sela tugas pokok sebagai petugas kesehatan adalah aktivitas yang dilakoni oleh Rudi Salam SKM saat ini.

Rudi memilih menekuni bisnis kloset dan pembuatan septi tank, hingga saat ini bisnis ini masih langka kemudian jarang memang tidak dilirik orang di Kolaka. Rudi menjalankan bisnis ini di samping tugasnya sebagai Petugas Kesehatan di Puskesmas Tanggetada Kecamatan Tanggetada.

Kepada media kolakaonline.com Rudi mengatakan, dirinya tertarik dengan usaha ini karena berkaitan erat dengan profesinya sebagai sanitarian.Tekadnya menekuni bisnis ini berawal dari sebuah pelatihan yang ia ikuti pada tahun 2019 di Jakarta.

“Kebetulan pada 2019, saya di utus oleh Kepala Dinas Kesehatan Kolaka (Drs. Harun Masirri) untuk mengikuti pelatihan pembuatan kloset di kementerian Kesehatan,” ujarnya, Selasa (3/2/2020).Dalam pelatihan itu, kata Rudi peserta diberi materi tentang pembuatan kloset dengan bahan dari pasir, semen, kalsium, semen putih, cat pox, senduk semen dan amplas serta diberi materi sistem pemasaran hasil usaha dan cara menghitung modal usaha.

“Saya semakin tertarik ketika kami dapat melakukan praktek pembuatan kloset yang hasilnya sangat bagus. Dari sanalah timbul minat saya untuk memulai bisnis ini di Kolaka.” katanya.

Lanjut Rudi, untuk masalah kwalitas kloset yang dia buat bisa di jamuan oke, kemudian ia juga mengatakan pembuatan Kloset sehat sesuai standar kementerian Kesehatan.“Untuk harga klosetnya saja Rp.50.000 per unit namun untuk pembayaran Kloset sehat itu bervariatif. Saya berharap pemerintah daerah bisa ikut memasarkan dan memanfaatkan Kloset buatan kabupaten Kolaka. Yah minimal saat kegiatan P2WKSS dan lomba desa pemerintah kabupaten bisa gunakan produk lokal kami,” tambahnya.

Wartawan: Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button