Advertisement




Kolakaonline- Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) adalah kegiatan yang harus dijalankan BUMN sebagai bentuk tanggung jawab yang dilakukan perusahaan untuk memberikan manfaat atas segala dampak yang diterima masyarakat. PT.Antam UBPN Sultra telah memberikan harapan besar kepada masyarakat Kolaka terutama kucuran dana permodalan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Meski bantuan tersebut tidak dalam bentuk dana hibah, namun bantuan modal itu sangat di rasakan sepenuhnya oleh para pelaku usaha.

Haniah adalah salah satu UKM yang mendapat bantuan dana dalam program PKBL dari PT.Antam Tbk UBPN Sultra. Haniah membuka kios oleh oleh khas Sulawesi Tenggara yang beralamat di jalan poros Kolaka Pomalaa (kompleks Antam Pomalaa).

“Terimakasih PT.Antam yang telah membantu permodalan untuk usaha masyarakat di Kabupaten Kolaka khususnya di wilayah Pomalaa. Alhamdullilah saya sudah dapat bantuan permodalan pada 2016 jumlahnya Rp.50 juta dan pada 2019 berjumlah Rp.150 juta, saya sangat terbantu dengan program PKBL,” tutur Haniah.

Selain bantuan permodalan Antam juga memberikan kesempatan kepada Hania untuk belajar mengenai industri rumahan. Pada 2018 ia mengaku berangkat ke daerah Jawa bersama dengan beberapa pelaku UKM lainya.

“Kita di biayai oleh Antam untuk lakukan uji banding produk UKM. Kita patut bersuykur ada Antam di Kolaka, pasalnya selain memberikan kucuran dana, pelaku UKM Juga di berikan bekal cara mengelola UKM yang baik,” tambah Hania.

Program kemitraan merupakan  bentuk pembiayaan BUMN untuk usaha kecil yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil dalam mencapai kemandirian dan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

“Saya saat ini memiliki karyawan 3 orang untuk membantu penyediaan produk yang kita pajang. Untuk gaji karyawan yaitu Rp.1.500.000 per bulan perorang,” tuturnya.

Lanjut Hania untuk produk yang ia seruan pada toko oleh oleh ada 50 jenis diantaranya adalah Kacang mete berbagai rasa, Madu, kopi, madu dari kwalitas 100% murni keripik bantal.

“Untuk harga jualnya produk oleh oleh mulai dari Rp.15.000 sampai Rp.195.000 untuk kacang mete. Terimakasih PT.Antam yang telah membantu permodalan untuk kami,”pungkasnya.

Wartawan : Dadang

Advertisement



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here