Kolaka Terkini

Cegah Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kolaka Gelar Rakor Pengawasan Bersama Stakeholder

Kolakaonline- Dalam upaya bersama mewujudkan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yang aman tertib terintegritas dan bermartabat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka menggelar rapat koordinasi (rakor) pengawasan dengan stake holder yang dilaksanakan di halaman Institut Agama Islam Al Mawadah Warahmah Kolaka, Minggu (1/3/2020)

Ketua Bawaslu Kabupaten Kolaka Juhardin menyampaikan, rakor adalah upaya Bawaslu menjalin komunikasi dengan pihak terkait termasuk seluruh pemangku kepentingan dalam kaitannya mengawal pelaksanaan Pemilu.

“Rakor dilaksanakan dengan menghadirkan sejumlah narasumber yaitu dari Polres Kolaka AKP I Gede Pranata Wiguna, dari Universitas Sembilan Belas November Kolaka Dekan Fakultas Hukum Yahyanto, Wakil Rektor 1 Institut Agama Islam Al Mawadah Warahmah Muh. Askari Zakaria dan Kordif Hukum Bawaslu Kabupaten Kolaka Iswanto,” ujar Juhardin.

Lanjut Juhardin kegiatan Bawaslu sangat penting yang memiliki garis besar pencegahan dan cara pelaporan pelanggaran pemilu, karena itu khususnya teman-teman mahasiswa dari Institut Agama Islam dan peserta lainya untuk melakukan pengawasan Pemilu secara bersama sama.

“Tugas pengawasan pemilu itu tugas besarnya, selain itu ada tugas lain mengembangkan pengawasan partisipatif yang kedua ini kita melibatkan semua elemen masyarakat termasuk didalamnya adalah kampus-kampus dan insan insan pers yang lain untuk bisa bersama mengawasi pemilu,” tambahnya.

Kenapa ada kepentingan Bawaslu terhadap proses demokrasi, karena harapan negara adalah proses demokrasi itu harusnya melahirkan pemimpin yang terbaik, baik itu Pilkada maupun Pemilu Pilpres, Pemilihan legislatif idealnya menghasilkan pemilih menghasilkan pemimpin yang baik, pemimpin yang baik dari yang baik.

“Kalau masyarakat cerdas memilih pemimpin, tidak ada lagi intimidasi tidak ada lagi politik uang, sara politiki dentitas dan lain-lain, pasti Pemilu akan menghasilkan pemimpin yang terbaik. Untuk itu Bawaslu Kolaka terus-menerus melakukan sosialisasi, hari ini kami bertajuk rapat koordinasi tapi intinya adalah kita mensosialisasikan bagaiman menjadi pemilih yang cerdas,” ujar Juhardin.

Wartawan: Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button