Kolaka Terkini

Humas Polres Kolaka Imbau Masyarakat Agar Selektif Jika Menerima, dan Menyebarkan Informasi di Medsos

Kolakaonline- Begitu maraknya informasi yang beredar pada layanan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube sehingga sangat perlu untuk diperhatikan jenis informasi atau berita yang diterima, untuk itu, Humas Polres Kolaka memperingatkan kepada seluruh masyarakat agar lebih selektif dalam menerima informasi.

P.S. Paur Humas Polres Kolaka Bripka Riswandi menjelaskan bahwa media sosial termasuk golongan media yang terus menanjak popularitasnya tak hanya dari sisi pengguna biasa saja tapi juga dari sisi bisnis atau sebagai platform pendukung kegiatan marketing.

Media sosial adalah situs atau layanan daring (online) yang memungkinkan dari penggunanya tak hanya mengkonsumsi, tapi juga dapat berpartisipasi membuat, mengomentari dan menyebarkan beragam informasi serta konten dalam berbagai format teks, maupun Video.

Foto Bersama Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa, S.IK, M.Si bersama Wartawan di Kolaka

“Kepada masyarakat atau netizen, disini kita perlu mengetahui jenis informasi yang akurat dengan beberapa cara, yang pertama membaca informasi secara utuh, lihat lebih detail dan teliti isinya, yang kedua tanyakan kepada penyebar informasi serta konfirmasi dari mana asal informasi, ketiga cek sumber informasi apabila anda mendapatkan informasi dari media online, apakah media tersebut adalah media kredibel, keempat pastikan melalui search engine, apakah ada informasi yang sama,” katanya Ruswandi, Selasa (10/3/2020).

Polres Kolaka berharap kepada masyarakat agar tidak terburu-buru meneruskan serta menyebarkan setiap informasi yang diterima ke media sosial.

“Kita himbau masyarakat untuk tidak terburu -buru menyebarkan informasi. Pasalnya jika infotersebut bohong makan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Paling terpenting adalah kita mengingatkan masyarakat Kolaka agar terhindar dari jeratan Undang-undang ITE,” ucap Bripka Riswandi.

Humas Polres Kolaka juga saat ini menggandeng sejumlah wartawan media online, cetak dan TV untuk bersama-sama meminimalisir beredarnya informasi Hoax, isu SARA serta ujaran kebencian di media sosial, karena peran dari wartawan sebagai mitra Humas Polri sangatlah penting.

Wartawan : Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button