Kolaka Terkini

RS. Benyamin Guluh Kolaka Siapkan Dua Ruang Isolasi untuk Pasien Corona

Kolakaonline-Pemerintah kabupaten Kolaka tidak mau kecolongan dengan penanganan pasien Corona. Buktinya keseriusanya pemerintah kabupaten menyiapkan dua ruangan isolasi pasien Corona. Ruangan khusus pasien corona tersebut di rancang khusus di Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka.

Direktur RSBG Kolaka dr. Muhammad Rafi saat di Konfirmasi membenarkan jika telah menyiapkan dua ruang isolasi untuk pasien Corona di RSBG.

”Badan kesehatan dunia WHO sudah menetapkan kasus Corona sebagai darurat kesehatan global. Dengan demikian, kita sebagai pemerintah daerah juga harus siap melakukan antisipasi. Ruang tersebut mempunyai puntu masuk dan keluar yang berbeda dengan pasien umum di RSBG,” kata dr.Rafi, Rabu (18/3/2020) kepada kolakaonline.com

Lanjut Rafi, sebelum menyiapkan ruang isolasi pasien Corona Rumah Sakit terlebih dahulu membentuk tim yang di dalamnya melibatkan profesi kesehatan dan dokter ahli yang ada di Kolaka.

“Rumah Sakit Kolaka juga telah menyiapkan pakaian khusus untuk petugas kesehatan dalam melakukan perawatan pasien Corona. Kita selalu berdoa agar Kolaka terhindar dari Viris Corona, namun antisipasi tetap kita laksanakan,” katanya.

Masih kata Rafi, penangan pasien virus corona itu ada tahapanya, tahap awal adalah kondisi Orang Dalam Pentauan (ODP) ini dilakukan jika ada warga yang sakit mirip gejala Corona. Kemudian setalah ODP, lanjut ke tahapan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dalam kondisi ini pasien harusnya sudah masuk ruangan isolasi rumah sakit kemudian pasien akan ditelusuri rekam jejaknya apakah pernah kontak langsung dengan penderita atau habis bepergian di tempat yang terjangkit.

“Setelah melakukan rekam jejak aktifitas, kemudian haslilnya pasien tersebut masuk ketegori ragu ragu. Selanjutnyan para tenaga medis akan melakukan pengecekan di laboratorium, disitulah bisa di lihat apakan pasien Suspek Corona atau tidak,” tutur Rafi.

Menganai informasi ada warga di Kecamatan Pomalaa dan Wundalako yang katanya Suspek Corona hingga saat ini belum ada. Insyaallah hingga saat ini Kolaka masih aman.

“Untuk informasi Corona Kabupaten Kolaka akan terbuka. Kita tidak rahasiakan masalah corina ini,” katanya.

Wartawan :Dadang

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button