Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka Tender 100 Ekor Sapi Bali Tahun 2020 ini

  • Whatsapp

Kolakaonline- Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka pada 2020 ini akan melaksanakan pengadaan bibit sapi bali siap roduksi. Jumlah indukan sapi serjumlah 100 ekor.

“Jumlah sapi bali yang kami datangkan yaitu sebanyak100 ekor. Adapun besaran anggarannya sekitar Rp 1 miliar dan ini bersumber dari APBD Kolaka. Saat ini sementara proses tender dan Mei sudah penentuan pihak ke tiga. Jadi sekitar Juni atau Juli sapi tersebut sudah ada di Kolaka,” ungkap Kadis Perkebunan dan Peternakan Kolaka, Hasbir Jaya Razak.

Lanjut Hasbir setelah tiba di Kolaka nanti, sapi bali itu akan di tempatkan di padang pengembalaan Pemda Kolaka yang ada di Desa Mataosu Kecamatan Watubangga. Di lokasi tersebut pihaknya akan telah menyiapkan petugas untuk memelihara sapi tersebut.

“Memang kami tempatkan di lokasi itu karena padang pengembalaan itu merupakan laboratorium alam. Dimana bagi peternak yang mau mengembangkan bakatnya bisa belajar disitu,” jelasnya.

Hasbir berharap, dengan adanya 100 ekor sapi bali tersebut, maka Kabupaten Kolaka kedepannya dapat menjadi salah satu daerah yang tidak hanya terkenal dengan potensi pertaniannya, tetapi juga terkenal dengan perternakannya.

“Sapi-sapi tersebut nantinya akan menghasilkan bibit-bibit sapi yang berkualitas,” ujarnya.

Kata Hasbir, selain 100 ekor sapi bali yang dikelola Pemda Kolaka, sebenarnya pihaknya juga berencana mengadakan 100 ekor untuk diberikan kepada masyarakat. Hanya saja, adanya rasionalisasi anggaran karena adanya wabah corona, maka program tersebut belum dapat direalisasikan tahun ini.

“Jadi, untuk program 100 ekor sapi kepada masyarakat belum bisa kami realisasikan tahun ini karena anggarannya dialihkan untuk penanggulangan korona,” tuturnya.

Wartawan: Dadang























































Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *