Kolaka TerkiniSULTRA

Bupati Kolaka Launching Program SEGITIGA MAS dan SIKES

Kolakaonline- Bupati Kolaka H.Ahmad Safei melaunching program Sekolah Giat Membangun Masyarakat Sehat (SEGITIGA MAS) dan Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Sekolah (SIKES). Dalam kegiatan launcing yang di laksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Pomalaa tersebut dihadiri juga oleh, Camat Pomalaa Mirdan Athar dan beberapa Kepala Dinas di Kolaka dan Kapala dinas kesehatan Kolaka Drs. Harun Masirri,Apt, M.Kes.

Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mrlakukan launching program SEGITIGA EMAS dan SIKES pada dinas Kesehatan. Ia juga mengaku hingga saat ini pemerintah tetap perhatian pada bidang kesehatan dengan terus meningkatkan utamanya untuk mewujudkan SDM yang berkwalitas dan berdaya saing.

Inovasi yang di lakukan Dinas Kesehatan patut di apresiasi, karena ini program nyata yang jika dilaksanakan sejak dini di mulai dari pendidikan dasar akan memudahkan pemahaman untuk membangun kemandirian masyarakat terkait perilaku bersih sehat, lingkungan bersih dan juga bagaimana pemahaman mencegah penyakit tidak menular sejak dini seperti hipertensi, diabetes, ginjal dan yang lainya.

“Pembangunan kesehatan diarahkan kepada peningkatan kesadaran, kemauan, kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar derajat kesehatannya dapat terwujud,” kata Safei.

Pembangunan masyarakat sehat mandiri telah dilakukan di Kolaka dengan mengaplikasikan Program Gerakan Masyarakat Mandiri (Gemari) terus di tingkatkan.

“Dengan hadirnya SEGITIGA EMAS di sekolah sebagai inovasi dinas Kesehatan yang merupakan program dan bermuara pada peningkatan SDM tenaga kesehatan di Kolaka. Semoga Allah senantiasa meridhoi kita semua. Hari ini Jumat (12/6/2020) inovasi kesehatan SEGITIGA EMAS dan SIKES resmi di launching di Kabupaten Kolaka,” ujar Safei sambil memukul gong.

Kepala dinas Kesehatan Kolaka Drs. Harun Masirri,Apt, M.Kes saat di temuai media ini mengatakan Sekolah Giat Membangun Masyarakat Sehat “SEGITIGA MAS” merupakan Program inovasi pengembangan dari program Gerakan Masyarakat Mandiri (GEMARI) melalui pemberdayaan tenaga kesehatan di sekolah yang dilengapi dengan Buku Saku , SOP dan Sistem Informasi Kesehatan Sekolah “SIKES”.

“Kita juga memberikan Buku Saku yang telah disederhanakan untuk memudahkan Paramedis Sekolah mempelajarinya dalam memberikan Pendidikan Kesehatan, Promosi Kesehatan dan Pelayanan Kesehatan di Sekolah /Lingkungan Sekolah,” ujar Harun.

Lanjut Harun dalam lima visi Kabupaten Kolaka yang semakin maju berkeadilan dan sejahtera dinas kesehatan masuk di poin ke 3 yaitu Meningjatkan Pelayanan Pendidikan dan kesehatan serta sendi sendi sosial budaya dan agama.

“Pada poin ke 3 sudah jelas Dinas kesehatan harus terus meng upgrade atau berinovasi dalam melakukan pelayanan kesehatan. Kerena itu pada 2020 ini saya sebagai kepala dinas kesehatan launching SEGITIGA MAS dan SIKES. Harapan dari launchingnya program ini adalah para tenaga kesehataan yang ada di sekolah bisa lebih cepat memahami tugas pokoknya terutama membangun masyarakat sehat di tingkat sekolah dasar,” tambah Harun.

Ia juga menjelaskan selain pada poin ke 3 pada visi kabupaten kolaka, dinas keaehatan juga di berikan amanah pada 9 program prioritas utama tahun 2019-2024 yaitu pada poin ke 2 yaitu memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat yang berkwalitas.

“Untuk memenuhi target kesehatan masyarakat yang berkwalitas dinas kesehatan menerapkan Gerakan masyarakat mandiri. Inti dari SEGITIGA MAS adalah meningkatkan kwalitas kesehatan pada pendidikan di Kolaka,” katanya.

Dengan program SEGITIGA MAS Dinkes Kolaka memberikan pendidikan kesehatan sejak usia dini dengan harapan peserta didik memiliki pengetahuan secara dini dalam menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.“Peserta didik diharapkan dapat menjadi Kader Kesehatan dalam keluarga dan Iingkungan, rumahnya terhadap pola hidup sehat. Pendidikan kesehatan pada pesena didik meliputi cara merawat kebersihan diri/Personal Hygiene, kebersihan lingkungan sekitar. serta mendidik murid untuk menjadi kader kesehatan di lingkungan sekolah,” tambah Harun.

Wartawan:Dadang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button