Kolaka TerkiniSULTRA

Alfamidi Siap Jual Produk Lokal Kolaka, Produk Harus Penuhi Syarat Ini

Kolakaonline- Kabar gembira datang untuk pelaku UMKM di Kabupaten Kolaka. Paslnya, Alfamidi yang beroperasi di Kabupaten Kolaka siap menampung produk UMKM di Kolaka.

Branch Manager Alfamidi cabang Kendari Catur Andek Antoko mengatakan, pihaknya siap melaksanakan kemitraan dengan pelaku UMKM di Kolaka. Apalagi, kemitraan sudah diatur dalam MoU, yang mana pengusaha minimarket harus menjalin mitra dengan masyarakat, khususnya UMKM.

“Kita saat ini sudah buka empat gerai, dan memang hingga saat ini produk lokal masih minim yang masuk di Alfamidi. Kita terbuka untuk para pelaku UMKM di Kolaka silahkan usulkan produk yang akan di pasarkan, kita siap membantu,” katanya Senin (15/6/2020).

Lanjut Catur untuk syarat memasukan produk di Alfamidi yaitu, produk harus berlesensi SNI dan lolos uji laboratorium, Kemasan harus menarik dan tidak mudah rusak, mencantumkan kode produk, tanggal dan komposisi volume, izin kesehatan (PIRT, POM,MD dan ML), mempunyai Label Halal, Produk memiliki spesifikasi rasa bentuk dan kemasan dan UKM bisa memasok barang dengan kontinyu.

“Karena ini produk lokal, dimana Sertifikat halal dan SNI sulit untuk dipenuhi, maka Alfamidi membeikan kelonggaram dengan di ganti surat referensi jaminan produk dari Dinas kesehatan dan dinas terkait yaitu dinas perdagangan. Tujuanya adalah agar ada pegangan kami apabila ada sidak dari dinas-dinas terkait, terutama BPOM,” tutur Catur.

Lanjut ia mengatakan Alfamidi akan berkoordinasi maksimal dengan dinas-dinas terkait, untuk sama-sama mencari solusi terkait adanya persyaratan baku,yang mungkin cukup sulit dipenuhi oleh pelaku UMKM.

“Dengan ada sinergitas tersebut, Alfamidi yakin dan berkomitment, akan banyak produk lokal yang akan terakomodir,” tambah Catur.

Wartawan : Dadang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button