Pemkab Kolaka Bakal Rubah Jalan Pomalaa Menjadi Dua Jalur

  • Whatsapp

KolakaOnline- Jika tidak ada aral melintang, Pada 2020 ini pemerintah kabupaten Kolaka bakal melakukan perombakan infrastruktur di kecamatan pomalaa. Jalan Poros di kecamatan Pomalaa akan di rubah menjadi dua jalur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kolaka Arifin Jamal saat di konfirmasi mengatakan dibawah kepemimpinan Bupati Ahmad Safei dan Wakil Bupati Muhammad Jayadin. Sejumlah program pengerjaan jalan terus dilakukan. Salah satu program pengerjaan jalan yang akan dikerjakan tahun ini berada di Kecamatan Pomalaa tepatnya di Jalan Poros yang terletak di Kelurahan Tonggoni mulai depan Kantor Camat Pomalaa sampai  jembatan layang Kompleks Antam.

“Insyaallah jalan sepanjang sekitar 2 kilo meter jalan akan diperlebar menjadi dua jalur. Pengerjaan jalan tersebut dilakukan untuk mempercepat akses transportasi. Dimana saat ini jalur tersebut mulai padat. Pomalaa ini adalah kota ke dua setelah Kolaka. Makanya jalur tersebut kami perlebar menjadi dua jalur. Lebarnya 24 meter dan itu sudah termasuk drainase, bahu, dan badan jalan,” katanya.

Lanjut Arifin pengerjaan jalan tersebut akan segera dilaksanakan pada 2020. Untuk proses saat iji sedang bernegosiasi untuk ganti rugi lahan dan bangunan warga yang terkena dampak pelebaran jalan tersebut.

“Memang ada bangunan dan lahan yang terkena dampak. Makanya sekarang kami lagi negosiasi. Tapi ini agak membutuhkan waktu karena negosiasinya dilakukan dari rumah ke rumah,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Kolaka optimis dan berharap proses negosiasi terkait ganti rugi akan berjalan lancar. Sebab, masyarakat yang ada di sekitar jalur tersebut sangat mendukung program pelebaran jalan di jalur tersebut.

“Alhamdulillah warga sangat mendukung program ini karena memang jalur itu sudah padat sekali. Ada beberapa kuburan yang terkena dampak pelebaran jalan itu dan oleh insiatif keluarganya kuburan tersebut sudah dipindahkan ke tempat lain,” tuturnya.

Wartawan :Dadang





















































Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *