Warga Desa Lantowonua Protes Kebijakan Pembangunan Infrastruktur yang Tebang Pilih

  • Whatsapp

Rumbia,Kolakaonline- Kebijakan pemerintah kabupaten Bombana terkait pembangunan infrastruktur jalan rupanya menuai protes dari beberapa kalangan terlebih lagi masyarakat desa Lantowonua kecamatan Rumbia .

Pasalnya dari beberapa kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah daerah khususnya bupati Bombana H.Tafdil terkait pembangunan infrastruktur jalan desa Lantowonua seakan tersisihkan.

Padahal,desa Lantowonua, jika di lihat dari geografi wilayah,desa tersebut berada di tengah ibu kota kabupaten Bombana tepatnya kecamatan Rumbia

Selain letak geografis yang mendukung masyarakat desa tersebut menuntut pula janji politik bupati Bombana H.Tafdil tiga tahun lalu untuk peningkatan jalan itu,namun yang terjadi sampai saat ini janji tersebut tidak kunjung terealisasi

“H.Tafdil harus merealisasikan janji politik nya tiga tahun lalu pada warga desa,karena desa Lantowonua dari sisi nomenklatur untuk peningkatan jalan sudah memenuhi persyaratan,”ujar Refli koordinator lapangan saat aksi demonstrasi di depan kantor bupati Bombana.

Menanggapi hal tersebut pelaksana tugas dinas PUPR Sharul mengatakan bahwa pihaknya sudah mengagendakan kegiatan peningkatan jalan tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan besaran 9,7 miliar.

Guna mendukung kegiatan tersebut,dirinya meminta pada masyarakat desa untuk melepas sebagian tanah milik mereka yang akan di tingkatkan jalannya

“Kami sudah melakukan pengukuran untuk peningkatan jalan tersebut,hanya saja masih ada sebagian yang perlu di benahi salah satunya pelepasan sebagian tanah milik masyarakat untuk di tingkatkan jalannya,”ungkapnya.

Berbeda dengan tanggapan plt kadis PUPR,Abdul Rauf anggota komisi dua yang menangani persoalan tersebut mengatakan bahwa dirinya sudah sering menyampaikan apa yang menjadi aspirasi di desa tersebut,hanya saja aspirasi itu tidak pernah di tanggapi.

Meski demikian,kata politisi PAN itu dirinya tidak akan menyerah,dirinya akan terus memperjuangkan tuntutan warga desa baik di APBD Perubahan maupun di APBD Induk 2021.

“Saya akan perjuangkan anggaran peningkatan jalan desa tersebut,sebab desa itu merupakan salah satu titik daerah pemilihan saya,”ungkapnya. (IB)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *