Idul Adha 2020, Dinas Perkebunan dan Peternakan Turunkan 31 Petugas Kesehatan Hewan

  • Whatsapp

KolakaOnline- Idul Adha 1441 Hijrah atau hari raya Qurban akan jatuh pada 31 Juli 2020, Dalam pelaksaan hari raya Qurban masyarakat maupun panitia Qurban akan melakukan pemotongan hewan baik itu Sapi maupun Kambing. Untuk mengantisipasi hewan kurban layak konsusmsi Dinas Peternakan dan Perkebunan Kolaka membentuk Tim Kesehatan Hewan Idul Adha 1441 Hijiriah/ 2020 Masehi.

Kepala Dinas Pekebunan dan Peternakan Kolaka Hasbir Jaya Razak saat di konfirmasi membenarkan banwa telah membentuk tim kesehatan hewan yang tersebar di 12 kecamatan.

“Jumlah panita kesehatan hawan Qurban 31 orang, saya sendiri penanggung jawabnya dan di kordinatori oleh kepala bidang peternakan Drh. Kasmawati,” tuturnya, (29/7/2020)

Lanjut Hasbir tugas dari panitia kesehatan hewan qurban dinas perkebunan dan peternakan Kolaka yaitu melakukan pemeriksaan fisik hewan yang akan di sembelih, setelah semuanya di periksa maka hewan tersebut bisa di sembelih. Kemudian setelah ranpung di sembelih maka petugas akan memeriksa organ untuk mengetahui apakah daging hewan tersebut layak di konsumsi atau tidak.

“Ini kita lakukan untuk melindungi masyarakat Kolaka, kami hanya ingin memastikan bahwa daging kurban sehat serta layak konsumsi. Kemudian ciri hewan yang layak potong dan sehat adalah sehat fisik, usia minimal usia dua tahun, gigi seri sudah berganti ,” katanya.

Hasbir juga menghimbau kepada pertugas kesehatan yang melakukan pemeriksaan hewan kurban yang ada di dalam kota kokalaka maupun yang ada di kecamatan untuk kerja maksimal.

“Silahkan panitia qurban atau masyarakat menghubungi pemerintah desa jika akan berqurban. Semua petugas keaehatan sudah siap di kecamatan- kecamatan,” kata Hasbir.

Wartawan :Dadang





















































Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *