Program Pemanfaatan Pekarangan Lestari di Kolaka, 14 Kelompok Mendapatkan Bantuan

  • Whatsapp

KolakaOnline- Tahun 2020 dinas Ketahanan Pangan Kolaka melakukan pengawasan kepada program pemanfaatan Pekangan Lestari. Program yang berasal dari anggaran APBN tahun 2020 tersebut dananya mencapai berjumlah Rp.390. Jumlah Kelompok Pemanfaatam Pekarangan Lestari berjumlah 14 kelompok yang ada di Kecamatan Wolo, Samaturu, Pomalaa, Polinggona, Baula dan Toari.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Dr. H.Muhammad Azikin melalui kepala bidang bidang konsumsi dan keamanan pangan Ansyar mengatakan pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran APBN puluhan juta untuk mensukseskan program pemanfatan pekarangan lestari di Kolaka.

“Dari 14 kelompok terbagi menjadi 4 kelompok baru dan 10 kelompol lanjutan. Alhamdulillah program ini masih berjalan sejak 2019, dan pada 2020 ini masih berlanjut,” kata Ansyar.

Lanjut Ansyar kegiatan tanam sayuran di pekarangan, ahamdulillah sangat dirasakan manfaatnya oleh ibu rumah tangga, karena tmemberikan dampak terhadap beban pengeluaran biaya sehari -hari seperti sayur, lombok, tomat dan lainya.

“Sayur yang ditanam dan dikonsumsi adalah sayur organik yang sehat dan segar. Kegiatan ini juga memperbaiki lingkungan sektar karena awalnya pekarangan hanya rumput diganti dengan aneka sayur dan sekligus memanfaatkan limbah rumah tangga organik bisa dijadikan pupuk kompos.

Dinas Ketahanan Pangan berharap program ini perlu ditindaklanjuti melalui anggaran APBD Pemda baik dinas maupun dari dana desa. Dinas juga berupaya agar kabupaten Kolaka bisa menjadi sumber pangan organik disetiap desa dan kelurahan.

“Output dari kegiatan ini,selain untuk pemenuhan pangan juga bisa untuk meningkatkan pendapatan. Seluin itu, jika ini berhasil bukan saja menjadi komsumsi kelompok, melainkan punya nilai jual. Kita berharap ini bisa herkelanjutan dan meningkat terus setiap Tuhunnya,” tutur Ansyar.

Wartawan:Dadang





















































Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *