Bappeda Kolaka Pastikan UMKM Bakal Dapat Perhatian Khusus

  • Whatsapp

KolakaOnline- Pemerintah Kabupaten Kolaka akan membuat program guna menghidupkan kembali perekonomian masyarakat melalui program ekonomi kreatif. Rencananya program tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka Syamsul Kadar kepada Kolakaonline mengatakan, Pemda Kolaka mulai merancang suatu program untuk menghidupkan kembali ekonomi masyarakat. Apalagi akibat pandemik Covid-19 yang tentunya sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat.

“Jadi kita akan mengembalikan ekonomi masyarakat agar hidup kembali sehingga diperubahan itu kita sudah memulai buat program ekonomi kreatif yang terintegrasi,” tururnya.

Lanjut Sjamsul program tersebut nantinya akan dikerjakan secara bersama-sama dengan instansi terkait, hal ini dilakukan guna memudahkan program tersebut sehingga akan berjalan lancar seperti apa yang diharapkan.

“Kalau dulu itu SKPD masing-masing sesuai tupoksinya tapi sekarang kita mengarahkan bahwa harus kita mengoroyok seperti apa. Karena tidak akan mungkin kita akan mengerjakan secara keseluruhan seperti simsalabin itu mustahil terjadi maka kita akan menciptakan program yang terintegrasi,” terangnya.

Masih kata Sjamsul, nantinya yang akan disiapkan yang pertama yaitu peningkatan SDMnya dengan mengikutkan pelatihan di BLK.

“Kalau contoh UKM banyak yang tidak jalan misalnya prodak makanan dan industri. Jadi nantinya mulai dari penyediaan bahan baku pelatihannya kemudian kemasannya sampai pada pemasarannya itu kita akan kerjakan secara utuh sehingga akan menghidupkan usaha. Misalnya usaha abon ikan itu terkendala pemasarannya sehingga SKPD terkait seperti Dinkes, Dinsos itu yang membeli prodaknya secara bergilir untuk apa dipergunakan untuk program stanting karena stanting itu terkait pemenuhan gizi inilah nanti dibagi kepada ibu-ibu posyandu sehingga ada efek multi playernya jadi tidak akan keluar kemana-mana karena digunakan untuk masayarakat Kolaka sendiri,” tambahnya.

Dinas Sosial dan diknas juga pastinya akan berperan untuk menyalurkan hasil UMKM seperti makanan tambahan jadi sirkulasi nya tidak keluar kemana-mana diproduksi dalam negeri dibeli dalam negeri dimakan juga oleh masyarakat jadi uangnya tidak kemana-mana berputar distu itulah,” jelasnya.

Wartawan: Dadang





Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *