Kolaka Terkini

Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra Serahkan TPS Akhir Patioso Latambaga

By KolakOnline

November 03, 2020

KolakaOnline- Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tenggara Mustaba menyarahkan pengelolaan Tepat Pengelolaan Sampah Akhir (TPSA) Patioso kecamatan Latambaga. Penyerahan bangunan sekitar Rp. 7 miliar lebih tersebut di terima langsung oleh orang nomor satu Kolaka H.Ahmad Safei di lokasi TPS Patioso Kecamatan Latambaga.

Dalam kegiatan serah terima turut hadir Wakil Ketua DPRD Kolaka H. Syarifudin Baso, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kolaka Abdi Arif, Kapolsek Kolaka Iptu Arman dan tamu undangan lainya.

Dalam sambutanya Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tenggara Mustaba mengatakan sebenarnya pembangunan TPSA di patioso di bangun sejak 2012, namun dalam perjalannya setiap tahun anggaran tidak pernah rampung. Total anggaran untuk pembangunan Tempat Penampuangan Sampah Ahir sekitar Rp. 7 Miliar.

“Alhamdulillah setelah terbentuknya Balai dan diberikan wewenang untuk melakukan identifikasi dan perbaikan sehingga anggaran tahum 2020 ini bangunan TPS akhir Patioso bisa rampung. Sehingga Pemda Kolaka sudah menerima bangunan ini,” tambahnya.

Lanjut ia mengakatan Bupati Kolaka H.Ahmad Safei juga sudah berkomitmen untuk menjaga dan memelihara bangunan yang telah diserah terimakan.

“Kewajiban pemerintah kabupaten setelah kegiatan seremoni serah terima adalah melakukan perawatan dan menjaga aset agar bisa bertahan lama,” turur Mustaba.

Sementara itu Bupati Kolaka H.Ahmad Safei mengucapkan terimakasih kepada balai prasarana Wilayah Sulawesi Tenggara yang telah membantu kabupaten Kolaka terutama membantu pambangunan TPS akhir.

“Kita tidak bisa pungkiri jika sampah akan menjadi tidak terkendali jika pengelolaanya tidak baik. Masalah sampah bukan hanya kepada lingkungan namun akan menyebabkan gangguan kesehatan untuk masayarakat,” tuturnya.

Lanjut Safei untuk komitmen utama pemerintah Kabupaten kolaka selanjutnya yaitu akan menjaga aset yang telah di berikan oleh Balai.

“Insyaallah kita akan jaga aset ini agar bisa dimanfaatkan hingga pulunan tahun,” tutur Safei.

Wartawan :Dadang