Dinkes Kolaka Ikuti Upacara Secara Virtual Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 56

  • Whatsapp

KolakaOnline- Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 Tahun 2020 yang diperingati pada 12 November 2020 dengan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dan sub tema “Jaga Diri, Keluarga, dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”, merupakan salah satu monetum penting bagi seluruh petugas kesehatan di seluruh Indonesia baik di tingkat pusat maupun daerah. Peringatan HKN ke-56 tahun 2020, dilaksanakan di tengah bencana kesehatan yang telah merenggut ribuan jiwa masyarakat termasuk tenaga Kesehatan, sebuah kenyataan yang memprihatinkan.

Kepala dinas Kesehatan Kolaka Harun Masirri, mengatakan kondisi ini dapat kita jadikan momentum untuk mengubah perilaku masyarakat dan mendorong penguatan upaya kesehatan promotif dan preventif. Implementasinya harus melibatkan peran aktif lintas sektor, perguruan tinggi, ormas, swasta, termasuk media massa. Sehingga dapat membangun masyarakat yang produktif dan aman COVID-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

“Sebagai puncak acara peringatan HKN ke-56, dilaksanakan upacara di Kantor Kementerian Kesehatan. Karena dilaksanakan pada saat Pandemi Covid-19, maka berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan upacara HKN ke-56 ini dilaksanakan secara virtual oleh Kementerian Kesehatan yang diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah di Indonesia yang terdiri dari instansi kesehatan baik pemerintah maupun swasta, sekolah kesehatan dan organisasi profesi kesehatan,” tambahnya.

Tidak terkecuali Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka juga turut mengikuti kegiatan ini secara virtual. Di laksanakan di Aula Kantor Dinkes Kolaka, selain dikuti oleh jajaran Kantor Dinkes Kolaka turut diundang seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupeten Kolaka, Kepala UPTD Instalasi Farmasi Kabupaten Kolaka, Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Kab. Kolaka, Direktur Rumah Sakit Benyamin Guluh dan Direktur Rumah Sakit Antam Pomalaa, serta Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kolaka.

“Dalam upacara yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Kesehatan, berperan selaku Inspektur Upacara Menteri Kesehatan Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI. Dalam sambutannya, Menkes menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 56 tahun kita telah berjuang bersama seluruh masyarakat melaksanakan pembangunan kesehatan. Perjuangan ini kita laksanakan demi mewujudkan manusia Indonesia sehat, produktif dan berdaya saing,” tambahnya.

Hari Kesehatan Nasional ke 56 tahun 2020, merupakan momentum untuk kita bersyukur di era pandemi dan mengingatkan kita semua tentang pentingnya Kesehatan. Selain itu, beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan COVID-19. Sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Sebagai bentuk apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang dan masyarakat yang telah melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19, menteri kesehatan mengajak seluruh individu/Kelompok/Institusi yang peduli terhadap Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di Indonesia untuk bertepuk tangan tepat pada Pukul 12.00 selama 56 detik,” tambahnya.

Wartawan : Dadang

















































































Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *