EkonomiKolaka Terkini

BP Jamsostek Luncurkan Lapak Asik Onsite

KolakaOnline- BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek kembali melakukan inovasi terbaru terkait pelayanannya kepada peserta, yaitu Pelayanan Tanpa Kontak Fisik Onsite atau yang disebut dengan Lapak Asik Onsite.

Lapak Asik Onsite BPJamsostek merupakan inovasi berbasis digital yang bertujuan untuk memberikan kemudahan terhadap peserta secara Onsite untuk pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

BP Jamsostek Kolaka turut mengimplementasikan pelayanan digital ini sejak November 2020. Layanan Lapak Asik Onsite ini memanggil peserta secara virtual, sehingga peserta bisa antri dan tetap berjauhan dengan peserta lain namun masih tetap berada disekitar kantor cabang.

“Lapak Asik Onsite merupakan salah satu inovasi baik khususnya dalam segi antrian, dimana seperti yang kita ketahui, pada masa pandemi ini penting bagi kita untuk tetap menjaga jarak.” Kata Bachtiar Asyhari, Kepala BP Jamsostek Kolaka, Minggu (20/12/2020)

Selain itu, implementasi Lapak Asik Online juga berdampak positif pada penggunaan kertas sebagai syarat pengajuan klaim.

“Jika dulu peserta menyerahkan copyan kelengkapan dokumen, sekarang peserta hanya perlu membawa dokumen asli, difoto kemudian diupload. Ini baik karena dapat mengurangi peggunaan kertas.” Tambah Bachtiar.

Lanjut Bachtiar, cara pengajuan Lapak Asik Onsite adalah, siapkan smartphone dan aktifkan fitur GPS, kemudian siapkan dokumen asli klaim seperti KTP, kartu peserta BP Jamsostek, surat keterangan kerja, buku rekening atas nama peserta, dan NPWP jika saldo peserta lebih dari Rp50 juta. Kemudian peserta melakukan scan QR Code yang telah disediakan di kantor cabang.

“Selanjutnya isi data pada kolom yang tersedia dan foto setiap dokumen persyaratan melalui smartphone. Setelah itu peserta akan mendapatkan notifikasi pengajuan klaim, dan tunjukan kepada petugas BP Jamsostek untuk mendapatkan nomor panggilan yang nantinya akan dipanggil oleh petugas untuk verifikasi data secara virtual sesuai dengan nomor panggilan. Begitulah caranya,” ujar Bachtiar.

Wartawan : Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button