Kolaka Terkini

Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Kolaka Gelar Ops Lilin Anoa 2020

KolakaOnline-Untuk menjaga situasi tetap kondusif di kabupaten Kolaka saat perayaan natal dan tahun baru 2021, Polisi melaksakan operasi terpusat dengan sandi “Oprasi Lilin”, tidak terkecuali Polres Kolaka. Senin (21/12/2020) bertempat di Alun-Alun Lapangan 19 November Kolaka melaksakan gelar pasukan Ops Lilin Anoa tahun 2020.

Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa melalui PS. Paur Subbag Humas Bripka Riswandi mengatakan Apel gelar Pasukan Operasi Lilin Anoa-2020, dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Ops ‘Lilin Anoa-2020’ Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal Tahun 2020 dan Perayaan Tahun Baru Tahun 2021 di Tengah Pandemi COVID-19 di Wilayah Hukum Polres Kolaka.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin-2020″ dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya,” ujar Riswandi.

Lanjut Riswandi pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimatee dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan Masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

“Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” tambahnya.

Lanjut Riswandi petugas harus melakukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah. Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberap penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yaitu sebagai berikut

“Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan yang maha esa, Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan Masyarakat,” tuturnya.

Dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2020 dan perayaan tahun baru 2021, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

“Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serti bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol ,” tambahnya.

Hadir dalam giat apel Ops Lilin Anoa 2020, Bupati Kolaka H. AHMAD SAFEI, SH, MH, Ketua DPRD Kolaka Ir. SAIFUL HALIK, Kejari Kolaka, Kepala BNN Kolaka dan tamu undangan lainya.

Wartawan : Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button