Kolaka Terkini

Tanaman Padi Petani Terserang Hama, Dinas Tanaman Pangan Salurkan Bantuan Pestisida

KolakaOnline-  Keluhan petani di Kelurahan Tonganapo Kecamatan Samaturu mengenai tanaman padi mereka yang terserang hama mendapat respons dari pemerintah. Kini, kelompok tani di daerah itu mendapat bantuan pestisida dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kolaka. Bantuan tersebut diserahkan langsung Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) kepada petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kolaka, H.Bachrun Hanise, membenarkan instansinya mendistribusikan bantuan pestisida kepada petani yang sawahnya terserang hama di Kelurahan Tonganapo.

“Kami sudah salurkan bantuan penanganan hama penggerek batang. Bantuan tersebut berupa pestisida dengan jumlah 30 liter yang diperuntukkan untuk lima kelompok tani dengan jumlah petakan sawah 30 hektare,” tutur Bachrun.

Sementara itu, PPL Wilayah Kecamatan Samaturu, Popalayah membenarkan telah mendistribusikan bantuan pestisida dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kolaka.

“Kami sudah serahkan kepada lima kelompok tani di Kelurahan Tonganapo. Jumlah bantuan adalah 30 liter pestisida. Alhamdulillah petani sangat senang dan langsung melakukan penyemprotan secara bersamaan,” tutur Popalayah.

Nantinya, kata dia, tanaman padi yang terserang hama penggerek batang  harus dilakukan pemeliharaan dan pemupukan yang berimbang.

“Semoga dengan bantuan pestisida dari pemerintah kabupaten bisa mencegah gagal panen pada musim tanam perdana 2021 ini,” tambah Popalayah.

Wartawan:Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button