Patri Dukung Gerakan Transmigrasi Nasional

  • Whatsapp

KolakaOnline-  DPP Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) bersilaturahmi sekaligus audiensi dengan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPK Trans), Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, di Kalibata, Jakarta Senin (08/03)

Rombongan DPP PATRI dipimpin langsung Ketua Umum Hasprabu, didampingi Sekjen Sutrisno Singotirto dan Tim Departemen Kemitraan PATRI. Turut mendampingi Dirjen PPK Trans Aisyah Gamawati, yaitu Sesditjen Sigit Mustofa, Bambang salah satu Direktur di Ditjen PPK Trans, dan staf.

Ketum DPP PATRI yang juga anak Transmigran dari eks Trans POLRI Jayaguna II Gunung Sugih Lampung itu menjelaskan,  sejak dideklarasikan 2004, PATRI konsisten mendukung program transmigrasi. Di antaranya Himpunan Wirausaha Transmigrasi (HW Trans), Pokja Lahan, pendidikan, SIPUKAT, dan penguatan kapasitas pendamping permukiman transmigrasi.

Ketum DPP PATRI mengharapkan, Ditjen PPK Trans agar terus mendukung peningkatan Hari Bakti Transmigrasi menjadi Hari Transmigrasi Nasional. Sehingga transmigrasi tidak sekedar dimaknai kegiatan pemindahan penduduk, tetapi sebagai gerakan nasional perekat bangsa.

“Kita di Indonesia sudah ada berbagai peringatan Hari Nasional. Ada Hari Santri Nasional, Batik, Ikan, Keluarga, dan lainnya. Mengapa Transmigrasi tidak?” ujarnya.

Aisyah Gamawati sebagai Dirjen Transmigrasi hasil reorganisasi baru Kemendesa 2020 menjelaskan, transmigrasi ke depan akan terus berkontribusi dalam membangun daerah. Di antaranya dukungan suksesnya program ketahanan pangan (food estate) di Kalimantan Tengah, mengembangkan konsep baru Transmigrasi Swakarsa Mandiri/Berbatuan (TSM/TSB), penyelesaian sertifikasi tanah transmigrasi, dan pengutuhan kawasan transmigrasi yang sudah ada.

“Saya berharap, PATRI beserta jejaringnya bisa memberikan dukungan dan bersinergi dengan kami, dalam menyukseskan program-program transmigrasi ke depan”, ujar Dirjen.

“Karena anggota PATRI sejak kecil sudah hidup di permukiman transmigrasi, maka mereka sudah terbiasa menghadapi medan yang berat dan menguasai histori kawasan transmigrasi. Itu sangat membantu validasi data permasalahan lahan”, imbuhnya.

Acara audiensi antara DPP PATRI dengan Dirjen PPK Trans diakhiri saling tukar menukar buku dan PIN PATRI. (Rls)















Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *