Kolaka Terkini

BLKK Kolaka Kekurangan Tenaga Instruktur

KolakaOnline- Balai Latihan Kerja Kabupaten (BLKK) Kolaka mengklaim masih kekurangan tenaga pengajar atau instruktur. Hal tersebut disampaikan Kepala BLKK Kolaka I Nyoman Warta saat ditemui di Kolaka, Selasa (9/3/2021)

Nyoman mengatakan BLKK Kolaka saat ini memiliki tujuh tenaga instruktur yang mempunyai sertifikat dan 1 masih calon instruktur.

“Kami masih sangat kekurangan tenaga, apalagi saat ini BLKK Kolaka setiap tahunnya membuka pelatihan yang siswanya bisa mencapai ratusan orang,” ujar Nyoman.

Menurutnya instruktur di BLKK Kolaka memiliki keahlian di bidang kelistrikan, otomotif, menjahit, bangunan, pertanian,  procesing, informasi dan teknologi (IT) dan bisnis manajemen.

“Adapun jurusan las dan bubut BLKK Kolaka masih dibantu tenaga instruktur yang sudah pensiun. Jadi para instruktur senior masih kami fungsikan. Kami masih mencari tenaga, namun hingga kini belum kami dapatkan,” tambah Nyoman.

Untuk menjadi instruktur di BLKK tidaklah mudah. Sebab semua peserta wajib mengikuti pendidikan instruktur di luar Sulawesi. Tempat pendidikannya pun berbeda-beda.

“Untuk pelatihan instruktur jurusan bangunan, lokasinya di Medan,  jurusan listrik dan las tempat pendidikannya di Kabupaten Serang,  kemudian jurusan otomotif dan bubut di Bandung, garmen di Semarang kemudian tataboga dan prosesing di Cianjur. Lama pelatihan biasanya sekitar delapan bulan,” tuturnya.

Mengenai kekurangan personel instruktur, Nyoman mengaku telah mengusulkan permintaan tenaga ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kolaka sebanyak 12 orang. Selain BKPSDM, ia juga  mengusulkan permintaan kepada Kementerian Tenaga Kerja sebanyak 12 instruktur.

“Kenapa kita masih kekurangan instruktur? Karena setiap peserta butuh pendampingan. Jika penjelasan teori di kelas,  instruktur bisa mendampingi 16 orang peserta. Tapi saat masuk  praktik, instruktur idealnya hanya bisa mendampingi  delapan orang. Karena itu  kami masih kekurangan sekitar 12 instruktur pada semua jurusan,” pungkasnya.

Wartawan : Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button