Kolaka Terkini

Jelang Ramadan, Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Pantau Pangan Segar di Pasar

KolakaOnline-  Dinas Ketahanan Pangan Kolaka  melakukan pengecekan sayuran yang dijajakan para penjual di Pasar Mekongga Kabupaten Kolaka, Selasa (6/4/2021). Pengecekan ini bertujuan untuk mengetes residu pestisida yang menempel di sayuran dan memantau apakah ada kandungan formalin dan  bahan kimia lainnya pada tahu dan Ikan asin.

Dalam kegiatan itu, petugas mengambil beberapa sayuran sebagai sampel pengujian seperti tomat, lombok dan kol. Petugas juga mengambil sampel tahu dan  ikan asin.

Kabid Pengawasan dan Keamanan Pangan Kabupaten Kolaka, Ansyar Tambara, mengatakan, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan guna menjaga keamanan pangan di  Bumi Mekongga ini.

Menurutnya ada beberapa jenis sayuran dilakukan pengetesan. Jenis sayuran yang dites mempunyai tingkat produksi tinggi  dan banyak dicari masyarakat saat bulan suci Ramadan

“Jadi sayuran yang dites diindikasi terdapat residu pestisida namun masih batas wajar, untuk tahu dan ikan asin kami akan lakukan pengetesan di kantor,” tuturnya.

Ansyar menyarankan kepada konsumen untuk membersihkan terlebih dahulu sayuran yang dibeli sebelum dimasak.

“Kalau mau jaga kesehatan maka sayuran yang akan dikonsumsi harus dicuci terlebih dahulu,” pungkasnya.

Wartawan :Dadang.











Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button