Kolaka Terkini

Pemkab Kolaka Kembangkan Sapi Jepang dan Spanyol

KolakaOnline-  Pemerintah Kabupaten Kolaka mendapat bantuan pengembangan sapi Jepang dan sapi Spanyol pada tahun ini  melalui program inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik. Bantuan yang berasal dari pemerintah pusat itu akan terus dikembangkan guna memajukan daerah  pada sektor peternakan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan H.Hasbir Jaya Rasak melalui Kepala Bidang Peternakan dr. Kasmawati, Selasa (6/4/2021) mengatakan progran IB di Kolaka masih terus berlanjut. Bahkan  pada awal 2021 ini, pihaknya menargetkan akan mendistribusikan 750 dosis guna mendukung inseminasi buatan.

“Tahun ini,  selain sapi jenis  Brahman, Simental, PO, dan sapi Bali,ada jenis baru yang akan kami kembangkan yaitu jenis Wagyu (sapi jepang) dan jenis Callacian Blond (sapi Spanyol),” tutur perempuan berhijab ini, di ruang kerjanya.

Kasmawati mengatakan  pengembangan sapi jenis Wagyu dan Callacian Blond  akan dimulai dari Kecamatan Watubangga, Polinggona dan Toari. Dia pun menjelaskan tekstur daging dari jenis sapi tersebut.

“Untuk sapi jenis Wagyu itu, dagingnya sangat lembut dan performa sapi juga besar. Jenis sapi ini biasa diimpor dagingnya untuk membuat makanan  steak. Kalo jenis Gallacian Blond,  bentuk sapinya besar dan harganya sangat mahal,” tambahnya.

Karena masih tahap awal,  program pemerintah pusat melalui kegiatan “Sikomandan” dengan suntik IB ini tidak dipungut biaya.

“Semoga program pengembangan sapi Wagyu asal Jepang dan sapi Galician blond asal Spanyol dengan cara inseminasi buatan berhasil di Kolaka,” tambahnya.

Wartawan :Dadang























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button