EkonomiKolaka Terkini

Antam Gelar RUPST Tahun Buku 2020, Saldo Laba Capai Rp.747 Miliar

KolakaOnline- PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM)  melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020 di Auditorium Andrawina, Gedung Aneka Tambang, Rabu (7/4/2021).

Dalam kegiatan ini, para pemegang saham menyetujui laporan tahunan tahun buku 2020 termasuk laporan pelaksanaan tugas pengawasan Dewan Komisaris ANTAM tahun buku 2020. Rapat juga mengesahkan laporan keuangan konsolidasian ANTAM tanggal 31 Desember 2020, sekaligus memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris ANTAM atas tindakan pengurusan dan pengawasan ANTAM yang telah dijalankan selama tahun buku 2020.

Selain itu, pemegang saham juga mengesahkan laporan tahunan termasuk laporan keuangan Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan tahun buku 2020 dan memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris ANTAM atas tindakan pengurusan dan pengawasan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang telah dijalankan selama tahun buku 2020.

Rapat juga menyetujui penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2020 yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk perseroan, yaitu dividen sebesar 35 persen atau Rp 402.273.481.131 dan sisanya sebesar 65 persen atau Rp 747.079.322.099 dicatat sebagai saldo laba.

Selanjutnya, pemegang saham ANTAM setuju memberikan wewenang dan kuasa kepada pemegang saham seri A Dwiwarna melalui PT indonesia Asahan Aluminium (Persero) selaku kuasanya guna menetapkan besarnya tantiem untuk tahun buku 2020 serta menetapkan honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota dewan komisaris untuk tahun 2021.

Pemegang saham ANTAM juga menyetujui untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada dewan komisaris dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero} selaku Kuasa Pemegang Saham Seri A Dwiwarna untuk menetapkan besarnya tantiem  tahun buku 2020 serta menetapkan gaji, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi direksi untuk tahun 2021.

Di samping itu, pemegang saham ANTAM juga menyetujui penunjukan Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan anggota jaringan global PricewaterhouseCoopers (PwC) antara lain untuk melaksanakan audit umum atas laporan keuangan konsolidasian perseroan tahun buku 2021 dan periode lainnya dalam tahun buku 2021 dan audit umum atas laporan keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahun buku 2021.

Dalam kegiatan itu pula disetujui perubahan pengurus perseroan dan nomenklatur pengurus perseroan, sesuai usulan dari pemegang saham Seri A Owiwarna/kuasanya. Dalam RUPST ini, telah diberhentikan dengan hormat Aprilandi Hidayat Setia sebagai Direktur Niaga ANTAM dan Hartono sebagai Direktur Operasi dan Produksi ANTAM.

Olehnya itu, Dewan Komisaris dan Direksi ANTAM menyampaikan terima kasih kepada Aprilandi Hidayat Setia dan Hartono atas dedikasi dan dukungannya kepada ANTAM selama menjabat sebagai direktur perseroan. ((Dadang/Ril)























Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button